-->

Sabtu, 26 Januari 2013

Spa Pertama Gibran

Tiga Hari yang lalu pesanan dari e-bay datang, neck ring yang sudah lama di tunggu dari Hongkong, ya lumayan murah dibanding harus ambil dari rumah di Indo mahal ongkirnya dibanding harga neck ringnya.
 
Padahal waktu mau ke sini semuanya sudah dipacking termasuk swim trainer Zidan tapi berhubung yang dibawa segambreng jadi yang dibawa yang utama saja, asumsinya di sini juga kita bakal belanja lagi, ternyata harganya mahal gak kaya di Indo, I Love My Country Full.

Kenapa gak beli aja di Amazon yang deket? Hihi di amazon harga neck ring MAHAL sama dengan 4x nya dari e-bay!! Jadi keingetan untuk review belanjaan OL di sini, someday lah kalo draftnya masih ada hehe.....so sibuk dan kaya yang banyak aja yang sudah dipost-innya, ya biasa ibu-ibu kalau lagi datang malasnya, buka blog sih iya, tapi kadang malah sibuk bloggwalking bukan ngurusin yang jadi topik bahasan utama ketika buka laptop.

Anyway ya sudah lah kita kembali lagi pada judul kita kali ini, Spa pertama Gibran.

Tahapan spa untuk bayi tak jauh berbeda dengan spa untuk orang dewasa, namun semuanya diberikan dengan porsi dan fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Spa untuk bayi juga penting untuk mendeteksi kelainan tubuh sejak dini karena bayi belum bisa mengadu pada orangtuanya bila badannya merasa sakit atau keseleo. Dengan melakukan spa, tubuh sang bayi akan "diperbaiki" sekaligus merasakan relaksasi yang nyaman serta baik untuk perkembangan jiwanya. Umumnya, spa untuk bayi terdiri dari berenang, berendam, serta pijat (massage).
Saat berenang, seorang bayi akan terlatih gerakan motoriknya karena kaki dan tubuhnya akan bergerak-gerak, selain juga akan mencegah gangguan pernafasan. Sementara saat berendam, bayi akan melakukan relaksasi karena umumnya anak-anak saat ini memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Yang perlu diingat, saat bayi Anda berenang maupun berendam, air yang digunakan tidak boleh terlalu panas karena dapat membuat pembuluh darah perifer melebar yang akan mengurangi aliran darah ke jantung.

Testimoni sedikit nih, 2 tahun yang lalu Zidan lahir belum cukup umur, berat badannya lebih kecil dibanding Gibran, bilirubin tinggi, setelah dirawatpun gak mau nenen,setelah aku praktekan spa bayi, Alhamdulillah banyak sekali manfaatnya selain nenennya tambah sering itu berimbas pada ASI yang semakin banyak dan lancar, dan berat badannya pun bertambah terus setiap bulannya.

Sedangkan pijat pada bayi selain memberikan manfaat relaksasi, juga akan membantu memperbaiki pencernaan serta memperlancar sirkulasi darah sang bayi. Umumnya bayi sering mengalami masalah pencernaan saat menyusui. Dengan pijat ini, masalah pencernaan yang disebut kolik atau kembung ini akan teratasi karena usus akan bekerja dengan baik saat mencerna ASI.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa berat badan bayi yang terlahir prematur akan naik sebesar 47% setelah dipijat sebanyak 3 kali sehari dengan durasi masing-masing 15 menit, yang dilakukan selama 10 hari. Hal tersebut disebabkan karena stimulasi pijat akan merangsang syaraf vagus otak yang melepas sekresi hormon penyerap makanan, termasuk juga insulin. Selain itu pijatan juga diketahui akan melepas zat yang mirip dengan serotonin, yaitu neurotransmitter yang dapat mengatasi rasa sakit serta menurunkan hormon stres.

Meski begitu, pijat yang sama pentingnya dengan asupan vitamin dan mineral bagi bayi ini harus dilakukan dengan teknik yang benar sesuai dengan fase pertumbuhan sang anak. Hal tersebut dikarenakan oleh fisik bayi yang masih rapuh dan memiliki sensitivitas berlainan. Teknik pemijatan yang dilakukan juga janganlah terlalu keras karena tulang bayi masih lunak. Selain itu alur pemijatan juga harus mengikuti peredaran darah dan metabolisme tubuh.

Menurut ahli fisiotherapy, Ninik Sutini, dalam talkshow Solusi Sehat di Surabaya, Baby Spa dari sudut pandang Fisiotherapy Pediatric sangat diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

menurutnya, ada 4 aspek yang bisa dioptimalkan melalui baby spa, yaitu perkembangan motorik kasar, motorik halus, personal social, dan Bahasa.
Hal pertama yang dilakukan yaitu, memijat bayi diusahan 30 menit setelah nenen supaya tidak kehausan dan rewel, aku pijatnya mencontoh dari You Tube pijat bayi dari produk perawatan bayi "JNJ"

yang penting sih anaknya dalam keadaan fit, setelah itu dimasukan ke kolam buat bayi berenang dengan menggunakan neck ring tentunya supaya lebih aman, karena di sini kita tidak punya kolam bayi jadi pakai bathtub yang ada aja. 

Yang bikin seneng waktu dipakaikan neck ring Gibran diam saja gak berontak, dan waktu dimasukan ke bathtub pun Gibrn senang, kakinya langsung digerak-gerakan seperti berenang.

Manfaat spa bayi menurut para ahli yaitu pada satu tahun pertama setelah rutin melakukan SPA BAYI, si kecil akan terlihat lebih ceria, tidak takut alias punya percaya diri yang tinggi. Kedepannya dia akan tumbuh menjadi sosok yang sehat, lebih supel, punya inisiatif, dan siap menjadi calon pemimpin generasi penerus bangsa.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar