-->

Jumat, 04 Januari 2013

Faktor yang Bisa Bikin Anak Manja (1)

Faktor yang Bisa Bikin Anak Manja (1)

Jumat, 14 Desember 2012, 00:51 WIB
Parents Indonesia
Faktor yang Bisa Bikin Anak Manja (1)
Ilustrasi
Berita Terkait
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manja adalah sikap ingin selalu dipenuhi dan dituruti segala keinginannya. Menurut Psikolog Anak Alzena Masykouri MPsi, salah satu faktor utama yang membuat anak menjadi manja adalah lingkungan atau orang orang yang berada di sekitarnya.
Alzena menampik anggapan bahwa menggendong bisa membuat anak manja. Justru, menurut dia, menggendong atau memeluk adalah salah satu ekspresi kasih sayang.
Jangan sepenuhnya menyalahkan si kecil jika dia tumbuh menjadi anak yang manja. Coba simak beberapa hal berikut. Jika Anda sebagai orangtua melakukannya, berarti sudah saatnya untuk mengubah sikap.
Merasa bersalah
Anda dan suami adalah pasangan bekerja? Perasaan bersalah karena merasa waktu berkualitas yang dihabiskan bersama si kecil sangat kurang, membuat waktu yang tersisa menjadi dibuat sedemikian menyenangkan. Anda melakukan segala cara untuk membuatnya senang, termasuk menuruti segala keinginannya.
Tidak konsisten.
Walaupun jargon peraturan dibuat untuk dilanggar terdengar familiar, tapi percayalah, sebaiknya jangan lakukan. Misalnya hari ini Anda tidak mengizinkan si kecil minum susu dingin untuk sarapan, keesokan harinya juga jangan memberikannya.
Kendati dengan pertimbangan bahwa hal itu bisa menenangkan amukannya saat sudah hampir terlambat masuk sekolah. Ini membuatnya berpikir Anda tidak serius dengan peraturan disiplin dan tidak konsistensi.
Bersambung

Faktor yang Bisa Bikin Anak Manja (2-Habis)

Jumat, 14 Desember 2012, 06:05 WIB
Sodahead.com
Faktor yang Bisa Bikin Anak Manja (2-Habis)
Ilustrasi
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu faktor utama yang membuat anak menjadi manja adalah lingkungan atau orang orang yang berada di sekitarnya. Jadi jangan sepenuhnya menyalahkan si kecil jika dia tumbuh menjadi anak yang manja.
Berikut adalah bagian kedua dari faktor-faktor yang bisa membuat anak menjadi manja, dikutip dari Parents Indonesia.
Terbiasa dibantu dan dilayani
Seringkali orangtua ingin langsung terjun membantu jika buah hatinya tidak bisa melakukan sesuatu. Jika dia ingin mencoba mengikat sepatunya sendiri dengan susah payah, biarkan. Tugas Anda adalah mendorongnya berusaha mengikat dengan cara yang benar, bukan mengikatkan tali sepatunya setiap saat dan menjadikannya tergantung pada Anda.
Pelimpahan kasih sayang
Hati-hati dengan yang satu ini. Kadang, orangtua melimpahi buah hatinya dengan membelikannya benda-benda yang tidak bisa dimiliki semasa kecil, hanya karena tidak ingin si anak merasakan hal serupa. Namun terlalu banyak melimpahi si kecil malah dapat membuatnya tidak puas.
Dia akan selalu menginginkan benda baru karena tahu bisa mendapatkannya dengan mudah dan tidak menghargai benda yang sudah dimilikinya.
Redaktur: Yudha Manggala P Putra
Sumber: Parents Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar