-->

Kamis, 03 Januari 2013


Sepuluh Dampak Positif Main Video Game (2-Habis)

Kamis, 27 Desember 2012, 07:00 WIB
Sepuluh Dampak Positif Main Video Game (2-Habis)
Video Game dengan motion controller

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Orang tua mungkin berpikir anak-anaknya begitu banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain video game karena anak biasanya berisiko kecanduan permainan itu.
Namun dengan moderasi yang tepat dan pengawasan orangtua, maka anda dapat mengambil keuntungan dari bermain video game. Berikut 10 dampak positif bermain video game, dikutip dari SymptomFind, Kamis (27/12).

1. Melatih fisik

Ada banyak jenis permainan video game. Salah satunya konsol komputer yang memerlukan beberapa aktivitas dan gerakan fisik. Misalnya menari, bermain gitar, atau bermain drum.

Orangtua bisa memilihkan metode permainan bergerak tersebut untuk anak-anak mereka. Ini akan lebih baik dibandingkan mereka sekadar bermain video game dengan cara duduk di sofa sepanjang hari.

2. Kebugaran dan nutrisi

Banyak jenis video gim yang menggabungkan kebugaran, nutrisi, dan hidup sehat untuk menjadi tujuan utama permainan. Video game yang dimaksud akan menyimulasi olahraga outdoor yang menjadi alternatif latihan di luar ruangan.

Misalnya video game tinju, lari, tenis, dan sebagainya. Ini akan memancing permainan penurunan berat badan dan mempertahankan gaya hidup sehat.

3. Melatih ketangkasan

Bermain egam bisa juga meningkatkan ketangkasan anak anda. Ada fungsi kerja, bermain, sekaligus berolahraga. Ada banyak permainan dalam video game yang memancing tingkat koordinasi dan kejelian mata anak anda.

4. Keterampilan sosial

Kurangnya keterampilan sosial dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain secara teratur dapat merusak perkembangan anak. Bahkan, anak-anak berpotensi depresi. Anak-anak yang pemalu biasanya kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan rekan-rekannya.

Mungkin, membina hubungan sosial antaranak saat mereka bermain video game lebih tepat. Dengan permainan online (online game) misalnya, anak-anak anda bisa mengenal lebih banyak orang dan menambah jumlah temannya.

5. Meningkatkan kemampuan belajar

Kompleksitas dari video game memberikan anak anda kesempatan untuk meningkatkan keterampilan kognitif dan penalarannya. Video game telah berkembang ke titik dimana pengguna harus mengambil kendali dan berpikir untuk diri mereka sendiri.

Pemain juga perlu mengambil alih kendali dan memasukkan perintah sederhana melalui pengontrol permainan video. Seringkali, video game membutuhkan pemain yang pintar memecahkan teka-teki. Mereka harus sabar dan kreatif agar mereka bisa maju ke babak permainan berikutnya.
Redaktur: Fernan Rahadi
Reporter: Mutia Ramadhani

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Orangtua mungkin berpikir anak-anaknya begitu banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain video game karena anak biasanya berisiko kecanduan permainan tersebut.

Namun dengan moderasi yang tepat dan pengawasan orangtua, maka anda dapat mengambil keuntungan dari bermain video game. Berikut 10 dampak positif bermain video game dikutip dari SymptomFind, Kamis (27/12).

6. Meningkatkan sportivitas

Sportif dan fair play adalah nilai-nilai umum yang dikembangkan dalam kompetisi pemuda. Video game juga menawarkan hal yang sama. Dia mengajarkan nilai-nilai keteraturan. Pada permainan online (online game) misalnya, masing-masing pemain akan bersaing secara teratur satu sama lainnya.

7. Mengurangi stres

Tekanan belajar yang padat dan kegiatan ekstrakurikuler yang banyak seringkali membuat anak anda stres. Video game menawarkan anak anda outlet untuk mengurangi tingkat stres mereka.

Dengan bermain game, maka sang anak akan terbebas dari segala tekanan yang mereka hadapi di dunia luar. Untuk menghilangkan stresnya, anak anda bisa membenamkan dirinya dalam asyiknya bermain video game sementara waktu.

8. Membentuk tim kerja

Kerjasama tim yang kuat banyak terbina dalam permainan video game. Permainan online misalnya, membutuhkan pemain yang efektif berkomunikasi dengan tim mereka. Sementara itu, mereka terus melakukan tugas-tugas yang diembankan kepada mereka demi meraih kemenangan.

9. Mengalihkan rasa sakit

Anda terkadang berurusan dengan rasa sakit fisik dan juga emosional. Video game berfungsi untuk mengalihkan sementara masalah itu.

Video gameakan menawarkan kesempatan bagi anda untuk melarikan diri dari dunia luar. Mereka yang menderita penyakit tertentu, bisa memainkan beberapa video game untuk mengalihkan rasa sakitnya.

10. Membuat bahagia

Salah satu kenyataan adalah bermain video game itu membuat seseorang merasa bahagia. Namun, hal terpenting adalah memoderasi jumlah waktu yang ideal untuk dihabiskan bermain video game. Sebab, ada kemungkinan video game bisa menyebabkan anda atau anak anda kecanduan.

Anda harus ingat untuk menempatkan batas waktu yang wajar untuk bermain video game. Berikan contoh yang bagus untuk anak-anak anda.
Redaktur: Fernan Rahadi
Reporter: Mutia Ramadhani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar