-->

Minggu, 30 Desember 2012

SECERCAH HARAPAN UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA

Sumber: ayahkita.blogspot.com

BISAKAH INDONESIA MENJADI NEGARA DENGAN PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA..????

Negara Finlandia diakui oleh dunia memiliki sistem pendidikan yg terbaik diseluruh dunia.

Dari hasil penuturan Syed Abdul Rahman Alsagoff
Foundar Arabic School in SINGAPORE

Sekolah tertua yg didirikan oleh Swasta di Singapura; Sumber; Channel News Asia , 6 Mei 2009

Mengatakan bahwa ternyata di Finlandia itu tidak ada:

1. Akreditasi (Pemeringkatan) sekolah oleh pemerintah, yg ada akreditasi oleh Masyarakat; Jadi masyarakat melihat langsung apakah anak mereka yg didik di sekolah tersebut menjadi semakin baik, beretika dan cerdas atau malah sebaliknya. Jadi sekolah tidak dinilai oleh satu pihak saja, yakni Pemerintah, melalui Stnadar tunggal yg bisa saja keliru (dan jika keliru maka seluruh bangsa akan menganggung akibatnya) ; melainkan langsung oleh usernya yakni masyarakat. Jadi sekolah berusaha untuk menjadi yg terbaik dengan memberikan bukti langsung kepada masyarakat yg menilainya. Fungsi pemerintah lebih sebagai konselor atau Konsultan Pembimbing bagi sekolah dan mengembangkan sistem sekolahnya bukan Lembaga Akreditasi. Mencatat sekolah2 yg dianggap berhasil oleh masyarakat dan membantu sekolah2 yg belum dianggap berhasil.

2. Tidak ada kurikulum tunggal yg ditetapkan oleh Pemerintah pusat, Setiap sekolah diberikan kebebasan mengembangkan kurikulum sendiri sesuai dengan potensi unggul daerahnya masing2. Jadi sepertinya jika sekolah itu di terletak di Bali mungkin yg lebih di utamakan adalah kurikulum pengembangan Budaya, Seni Tari, Ukir, Pahat dan sejnisnya. Jika dikalimantan mungkin tentang Batuan berharga, Gambut, Batubara, dan Budidaya Hutan, Jika di Maluku mungkin Perikanan dan budidaya kelautan dan sejenisnya. Wow !!! Pastinya akan banyak para ahli lokal yg pandai memanfaatkan potensi daerahnya.

3. Tidak ada standar ujian negara, melain berbasiskan pada proses hasil pembelajaran dari hari ke hari dari masing-masing anak, tanpa dibandingkan melalui sistem Rangking. Jadi tujuan pembelajaran adalah untuk menjadikan anak yg terbaik sesuai bidang yg diminati dan kemampuannya sendiri-sendiri bukan untuk mengejar peringkat dalam satu kelas atau satu sekolah. (karena prinsip pendidikan adalah mencerdaskan semua anak bukan untuk Merangking mereka dari yg terpintar hingga yg terbodoh)

4. Dan yg paling mengesankan adalah tidak ada standar Nasional KECUKUPAN MINIMAL untuk Nilai masing2 pelajaran (karena tiap anak memiliki kecepatan belajar yg berbeda2 dan kemampuan berbeda untuk bidang pelajaran yg berbeda).

Yang ada justru STANDAR NASIONAL ETIKA MORAL ANAK. Jadi setiap sekolah wajib mendidik setiap murid mereka memenuhi STANDAR ETIKA MORAL NASIONAL sebagai Pondasi Dasar membantuk Bangsa Yang Kuat dan Cerdas.

Jadi meskipun sekolah mereka memiliki kurikulum yg berbeda2 dengan spesialisasi kecakapan Bidang yg berbeda di sesuaikan dengan potensi daerahnya masing2 Namun setiap sekolah harus bisa menjamin bahwa setiap muridnya memiliki ETIKA MORAL YG STANDAR SECARA NASIONAL.


Wah.... sepertinya kok tidak terlalu sulit ya untuk mengikuti dan menjadi Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia. Tentunya jika kita mau !!

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Seandainya anak kita bersekolah dengan sistem seperti ini sudah kebayang ya akan menjadi sangat luar biasa !!!.

Bersekolah akan menjadi hal yg menarik, menyenangkan sekaligus menantang dan tidak lagi membosankan dan menekan kejiwaan anak.

Dengan adanya Etika Moral yg di Standardisasi secara Nasional pastinya tidak akan ada lagi TAWURAN MASAL PELAJAR, Genk Nero, Genk Motor, dan sejenisnya di Jalanan. Anak akan menjadi respect pada guru dan orang tua, lebih beretika di sekolah, di jalan dan dirumah.

Dengan adanya sistem yg mengedepankan kecakapan individual dan tidak ada lagi sistem ujian dengan standar soal dan jawaban yg sama pastinya tidak akan ada lagi contek mencontek.

Tiap siswa akan tampil menjadi terbaik pada bidang kecakapan masing-masing yg memang menjadi bakat dan kelebihannya dan bukan dipacu dan ditekan untuk meningkatkan nilai atau bidang yg menjadi kelemahanya dengan cara ikut Bimbll atau Les siang, malam, pagi, sore.

Sekaligus masing2 anak-anak, Guru dan Orang Tuanya gak Stress lagi oleh Momok Nasional yg bernama Ujian Nasional, karena mereka di nilai bukan dari Ujian Akhir melainkan melalui proses perkembangan belajar dan penguasaan dari hari ke hari, sekaligus mereka juga dikembangkan berdasarkan kemampuan dan kecakapan bidang masing-masing, tidak untuk di Rangking, yg bisa berakibat sangat memalukan jika mereka termasuk 10 besar dari bawah.

Berkaca pada Syed Abdul Rahman Alsagoff sang Founder Arabic School di Singapore yg mau dan bisa melakukan perubahan dengan memulainya dari dirisendiri dan sekolahnya sendiri, kitapun mestinya bisa melakukan hal yg sama di Indonesia.

Jika Singapura bisa Indonesia Pasti Bisa !!!

Jika kita mau pasti bisa !!! dan bukan sebaliknya, Jika bisa sich sebenarnya kita mau !!!!

Ya Persis memulai perubahan mulai dari diri sendiri dan sekolah kita sendiri !!!

SECERCAH HARAPAN UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA

SECARCAH HARAPAN UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA



BISAKAH INDONESIA MENJADI NEGARA DENGAN PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA..????

Negara Finlandia diakui oleh dunia memiliki sistem pendidikan yg terbaik diseluruh dunia.

Dari hasil penuturan Syed Abdul Rahman Alsagoff
Foundar Arabic School in SINGAPORE
Sekolah tertua yg didirikan oleh Swasta di Singapura; Sumber; Channel News Asia , 6 Mei 2009

Mengatakan bahwa ternyata di Finlandia itu tidak ada:

1. Akreditasi (Pemeringkatan) sekolah oleh pemerintah, yg ada akreditasi oleh Masyarakat; Jadi masyarakat melihat langsung apakah anak mereka yg didik di sekolah tersebut menjadi semakin baik, beretika dan cerdas atau malah sebaliknya. Jadi sekolah tidak dinilai oleh satu pihak saja, yakni Pemerintah, melalui Stnadar tunggal yg bisa saja keliru (dan jika keliru maka seluruh bangsa akan menganggung akibatnya) ; melainkan langsung oleh usernya yakni masyarakat. Jadi sekolah berusaha untuk menjadi yg terbaik dengan memberikan bukti langsung kepada masyarakat yg menilainya. Fungsi pemerintah lebih sebagai konselor atau Konsultan Pembimbing bagi sekolah dan mengembangkan sistem sekolahnya bukan Lembaga Akreditasi. Mencatat sekolah2 yg dianggap berhasil oleh masyarakat dan membantu sekolah2 yg belum dianggap berhasil.

2. Tidak ada kurikulum tunggal yg ditetapkan oleh Pemerintah pusat, Setiap sekolah diberikan kebebasan mengembangkan kurikulum sendiri sesuai dengan potensi unggul daerahnya masing2. Jadi sepertinya jika sekolah itu di terletak di Bali mungkin yg lebih di utamakan adalah kurikulum pengembangan Budaya, Seni Tari, Ukir, Pahat dan sejnisnya. Jika dikalimantan mungkin tentang Batuan berharga, Gambut, Batubara, dan Budidaya Hutan, Jika di Maluku mungkin Perikanan dan budidaya kelautan dan sejenisnya. Wow !!! Pastinya akan banyak para ahli lokal yg pandai memanfaatkan potensi daerahnya.

3. Tidak ada standar ujian negara, melain berbasiskan pada proses hasil pembelajaran dari hari ke hari dari masing-masing anak, tanpa dibandingkan melalui sistem Rangking. Jadi tujuan pembelajaran adalah untuk menjadikan anak yg terbaik sesuai bidang yg diminati dan kemampuannya sendiri-sendiri bukan untuk mengejar peringkat dalam satu kelas atau satu sekolah. (karena prinsip pendidikan adalah mencerdaskan semua anak bukan untuk Merangking mereka dari yg terpintar hingga yg terbodoh)

4. Dan yg paling mengesankan adalah tidak ada standar Nasional KECUKUPAN MINIMAL untuk Nilai masing2 pelajaran (karena tiap anak memiliki kecepatan belajar yg berbeda2 dan kemampuan berbeda untuk bidang pelajaran yg berbeda).

Yang ada justru STANDAR NASIONAL ETIKA MORAL ANAK. Jadi setiap sekolah wajib mendidik setiap murid mereka memenuhi STANDAR ETIKA MORAL NASIONAL sebagai Pondasi Dasar membantuk Bangsa Yang Kuat dan Cerdas.

Jadi meskipun sekolah mereka memiliki kurikulum yg berbeda2 dengan spesialisasi kecakapan Bidang yg berbeda di sesuaikan dengan potensi daerahnya masing2 Namun setiap sekolah harus bisa menjamin bahwa setiap muridnya memiliki ETIKA MORAL YG STANDAR SECARA NASIONAL.


Wah.... sepertinya kok tidak terlalu sulit ya untuk mengikuti dan menjadi Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia. Tentunya jika kita mau !!

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Seandainya anak kita bersekolah dengan sistem seperti ini sudah kebayang ya akan menjadi sangat luar biasa !!!.

Bersekolah akan menjadi hal yg menarik, menyenangkan sekaligus menantang dan tidak lagi membosankan dan menekan kejiwaan anak.

Dengan adanya Etika Moral yg di Standardisasi secara Nasional pastinya tidak akan ada lagi TAWURAN MASAL PELAJAR, Genk Nero, Genk Motor, dan sejenisnya di Jalanan. Anak akan menjadi respect pada guru dan orang tua, lebih beretika di sekolah, di jalan dan dirumah.

Dengan adanya sistem yg mengedepankan kecakapan individual dan tidak ada lagi sistem ujian dengan standar soal dan jawaban yg sama pastinya tidak akan ada lagi contek mencontek.

Tiap siswa akan tampil menjadi terbaik pada bidang kecakapan masing-masing yg memang menjadi bakat dan kelebihannya dan bukan dipacu dan ditekan untuk meningkatkan nilai atau bidang yg menjadi kelemahanya dengan cara ikut Bimbll atau Les siang, malam, pagi, sore.

Sekaligus masing2 anak-anak, Guru dan Orang Tuanya gak Stress lagi oleh Momok Nasional yg bernama Ujian Nasional, karena mereka di nilai bukan dari Ujian Akhir melainkan melalui proses perkembangan belajar dan penguasaan dari hari ke hari, sekaligus mereka juga dikembangkan berdasarkan kemampuan dan kecakapan bidang masing-masing, tidak untuk di Rangking, yg bisa berakibat sangat memalukan jika mereka termasuk 10 besar dari bawah.

Berkaca pada Syed Abdul Rahman Alsagoff sang Founder Arabic School di Singapore yg mau dan bisa melakukan perubahan dengan memulainya dari dirisendiri dan sekolahnya sendiri, kitapun mestinya bisa melakukan hal yg sama di Indonesia.

Jika Singapura bisa Indonesia Pasti Bisa !!!

Jika kita mau pasti bisa !!! dan bukan sebaliknya, Jika bisa sich sebenarnya kita mau !!!!

Ya Persis memulai perubahan mulai dari diri sendiri dan sekolah kita sendiri !!!

KAKAK CEMBURU BEREBUT KASIH SAYANG DENGAN ADIK ??

Sumber: Komunitas Ayah Edy

TANYA:

Hallo ayah namaku Prita Yulia, ih seneng banget deh kemarin bisa lihat ayah di Metro tv sama si Coky pas hari anak, bagus banget ulasannya, sayangnya cuma ada sekali-sekali aja, moga-moga ayah juga punya program tv tetap seperti di MB.
...
Begini lho ayah aku mo tanya aku kan punya 2 orang anak nih, yang satu 2 th lebih dikit dan satunya lagi baru 8 bulan. Masalahnya kakaknya sering iri kalo aku lagi ngurus adiknya, nah seremnya kadang-kadang kalo aku lengah dikit, adiknya suka di dudukin dan kadang di cubit, di jewer atau apalah pokoknya disakiti gitulah.

Nah gimana ya ayah biar kakaknya bisa sayang sama adiknya..? Please...10x tolong cepetan di jawab ya ayah, urgent nich, aku sress bgt karena kejadiannya hampir setiap hari. thanks berat dan sukses selalu untuk ayah.

Bu Prita yang baik,

Memiliki anak dengan jarak yang berdekatan memang memiliki sisi positif dan negatif, sisi negatifnya adalah tentunya ibu akan mengalokasikan waktu dan tenaga jauh lebih besar karena mereka berdua masih membutuhkan pola asuh dan kebutuhan yang hampir mirip, namun sisi positifnya adalah manakala kita berhasil mendidik mereka berdua dengan tepat maka mereka akan sangat cepat sekali dalam proses pembelajaran, karena satu sama lain akan saling menstimulasi, saling mencontoh dan mencontohkan.

Dengan jarak lahir yang berdekatan maka mereka akan memiliki teman bermain sebaya sehingga nanti saat mereka sudah sama-sama balita, ibu bisa memiliki waktu lebih untuk mengurusi kebutuhan ibu sendiri dan rumah tangga lainnya.

Namun sebaliknya jika pola asuh kita kurang tepat maka mereka akan saling cemburu dan berebut untuk mendapatkan perhatian orang tuanya dan hal ini akan menyita waktu juga emosi ibu dan anak ibu hampir setiap hari.

Untuk itu mari coba renungkan sejenak agar kita bisa membaca apa yang sesungguhnya sedang terjadi pada si kakak dengan prilakunya yang mengganggu adiknya tersebut.

Sebelum kehadiran adiknya, kira-kira 8 bulan yang lalu atau tepatnya pada saat usia si kakak 14 bulan, selama hampir 2 tahun sejak masa kelahirannya, si kakak mendapat perhatian penuh dari ibu, sementara pada usianya yang sesungguhnya masih batita dan masih membutuhkan perhatian itu, si kakak mulai terganggu dengan proses awal-awal kehamilan ibu (masa ngidam) hingga menjelang proses persalinan. Namun semua gangguan itu masih dapat di toleransi oleh si kakak.

Sebenarnya pada saat usia si kakak masih batita rasa ingin diperhatikan dan memiliki orang tuanya secara utuh masih sangat besar sekali oleh karena itu pada saat kelahiran adiknya si kakak merasa kehilangan hampir semua yang ia miliki, baik perhatian, kasih sayang dsb, bahkan tak jarang ia melihat ibu tidak lagi ramah dan sering tersenyum seperti dulu lagi. Dan bahkan yang membuatnya sangat kecewa ibu kini mulai sering memarahi dan berlaku kasar padanya karena ibu menganggap bahwa ia mengganggu sementara si kakak belum memiliki kemampuan verbal untuk mengungkapkan perasaannya.

Logika dasar sang kakak cepat sekali menangkap bahwa akar masalahnya adalah adiknya yang baru di lahirkan. Nah sejak itulah secara alami mulailah timbul keinginan untuk melampiaskan perasaan kesalnya pada orang tuanya namun karena tidak berhasil maka akhirnya ia menimpakan semua kesalahan pada adiknya yang tidak berdaya.

Lalu bagaimana agar hal ini tidak terjadi lagi ? Ya... persis kita harus memenuhi yang menjadi kebutuhan si Kakak yakni perhatian dan rasa kasih sayang. Caranya bagaimana.?

1. Rumusnya adalah Libatkan si kakak pada saat ibu mengurusi adiknya, pada saat ibu ingin membantu si kecil maka yang jauh lebih ibu perhatikan adalah si kakak.Ajaklah kakak untuk terlibat membantu ibu untuk menyiapkan kebutuhan adiknya mulai dari popok, bedak dsb. Minta si kakak untuk mengambilkannya dengan penuh suara lembuh dan kasih sayang.

2. Puji dan peluklah si kakak jika dia bisa melakukannya dengan benar, katakan kakak anak mama yang hebat dan luar biasa mama sayang sekali sama kakak.

3. Ajak si kakak membantu pekerjaan ringan untuk adiknya seperti menaburkan bedak, mengelus bedak dengan tangannya pelan-pelan, intinya adalah terus libatkan kakaknya dan beri perhatian, pujian, pelukan pada saat si kakak melakukannya dengan benar.

4. Perlihatkan sikap tidak suka kita pada si kakak jika dia mengganggu, lalu ajaklah ia untuk membantu adiknya dengan mencontohkannya dan mengajak kakaknya mempraktekannya dengan bahasa yang lemah lembut.

5. Jangan khawatir jika pada awalnya sang kakak menolak, tidak mau terlibat, jangan dimarahi, tetap gunakan suara lembut karena ia masih memiliki memori yang negatif terhadap ibu sejak kelahiran adiknya, si kakak perlu waktu untuk bisa berubah. Berilah kesempatan untuk berubah.

Ibu Prita yang baik, percayalah jika ibu bersabar dan terus berusaha pasti berhasil, karena kami telah mempraktekan pada anak kami yang kebetulan juga mengalami kasus yang sama, dan hasilnya sungguh membahagiakan sekali. Selamat mencoba.

Artikel Ayah Edy di Majalah Mother & Baby 2009

Sabtu, 29 Desember 2012

TIDAK ADA JAMINAN SEKOLAH DENGAN KURIKULUM ASING HASILNYA LEBIH BAIK, JAUH LEBIH PENTING PARA GURU YG MENCINTAI ANAK KETIMBANG KURIKULUM YG MENTERENG.

 
TANYA:

dear ayah edy...
...
hai ayah Edy, perkenalkan saya Mayarani. Saya mempunyai 1 anak perempuan berumur 2th; dan saat ini sedang sekolah di international school dgn kurikulum s’pore.sebagai orang tua saya sangat membutuhkan masukkan dan pendapat dari ayah Edy.apalagi saya sangat sering membaca saran2 yg diberikan ayah edy di M&B sangat membantu untuk permasalahan tumbuh kembang anak.

Begini anak saya belajar di sekolah itu satu kelas ada 7 orang, temannya ada yg 2,5th , 2th, 18bln, 28bln dll paling besar 3th.didampingi guru 4 orang.satu yg mengajar.3 orang lainnya membantu kelangsungan belajar.

Karna anak saya baru 2 bulan masuk sekolah ini.sebelumnya anak saya sekolah di int school lain yg kurikulum nya dari america; karna sangat mahal dan saya tdk mampu akhirnya saya pindah ke sekolah sekarang.

Dari 4 orang guru ini ada salah satu guru yg sangat tdk sabar..dan menerapkan cara yg tdk etis untuk anak umur 2th.

Selama 2 bulan itu, karna saya bikin perjanjian dgn pihak sekolah saya ingin berada di kelas utk melihat apakah anak saya bisa mengikuti atau tdk.akhirnya saya bisa melihat kelakuan guru tersebut.

Memang tdk dilakukan ke anak saya.tp ke salah satu anak di kelas tersebut.

Jd anak itu nangis tdk selesai2 lalu dibentak dan guru tersebut bilang “stop!!!” Don’t cry!!!.sambil menunjuk ke anak tersebut.lalu anak itu semakin keras nangis nya dan lalu muntah.si guru tsbt bukan menurunkan nada suara nya malah tambah kencang. Dan nangis nya semakin menjadi2.

Anak tsbt lalu jd ketakutan.dan akhirnya saya yg memegang anak tsbt lalu saya gantikan baju.lalu saya tenangkan dia.

Yg saya aneh kenapa guru2 yg lain, yg ada di situ bukannya menenangkan anak tsbt atau memberi tahu bahwa tindakan membentak anak itu tdk baik dan akan membuat anak tsbt takut akan guru atau trauma.

Saya bisa bicara seperti ini karna di sekolah anak saya dahulu bila ada anak menangis mereka tdk akan membentak malah menenangkan.

Itu anak umur 2th.blm mengerti mana yg benar mana yg salah.dan dia lbh banyak menggunakan imajinasi nya.seharusnya sebagai guru itu tdk melakukan hal seperti itu.

Dia bukan anak umur 17 tahun yg bisa dibentak lalu di suruh diam.bukannya diam malah tambah kencang nangis nya...
Dan kejadian itu bukan hanya satu kali tp saya lihat sudah 3x.

Yg saya takutkan skrg bgmn apabila guru tsbt melakukan hal itu ke anak saya.apalagi anak saya skrg sudah naik kelas.dan saya juga tdk akan menunggui dia trs di dlm kelas.

Dari pihak sekolah tdk ada tanggapan sama sekali.
Saya benar2 minta bantuan dari ayah edy , tlg beri tahu saya tindakan apa yg harus saya lakukan untuk menghentikan perlakuan guru tsbt.

Karna saya tahu ayah edy selain mengisi rubrik di M&B, juga memberikan seminar2 pada guru2.jd tahu tindakan apa yg harus saya lakukan .

Apa akan ada murid lain yg akan dia bentak2 selain anak itu.
Terima kasih.

JAWABAN AYAH:

Bu Mayarani yang baik, permasalahan semacam ini memang kerap kali terjadi, hal ini disebabkan karena pada umumnya guru2 hanya terlatih untuk mengajar dan tidak terlatih untuk mendidik. Padahal keberhasilan pengajaran di tentukan oleh kemampuan dan keberhasilan guru dalam mendidik.

Mendidik dan mengajar sangatlah jauh berbeda meskipun keduanya berhubungan dengan fungsi otak anak. Mendidik berkaitan dengan otak kanan atau sistem emosional dan prilaku anak, membuat anak yang tidak mau menjadi mau, sedangkan pengajaran lebih banyak berhubungan dengan otak kiri yakni membuat anak tidak tahu menjadi tahu, tidak bisa menjadi bisa dan ahli. Bagaimana anak menjadi tahu dan bisa jika dia tidak mau melakukannya..?

Syarat mendidik yang baik pertama adalah harus menjadikan diri kita (guru) sebagai sosok yang di cintai oleh anak, apa bila kita sudah di cintai oleh setiap anak maka anakpun akan mau melakukan apa saja yang kita minta inilah idealnya sistem belajar mengajar di selenggarakan. Tanpa kita/guru mampu untuk membangun hubungan yang membahagiakan anak, maka tidak akan pernah mungkin otak anak mau bekerja dan belajar, begitulah hasil penelitian dari para Ahli Sains Otak.

Mengapa hal ini bisa terjadi bahkan di sekolah Mahal, baik lokal atau International Brand sekalipun..?

Saya sering mengatakan dalam seminar bahwa sekolah yang mahal, fasilitas yang mewah bukan jaminan anak akan berhasil dalam proses belajar mengajar. Justru kunci utamanya adalah terletak pada guru yg mencintai anak dan kerjasama orang tua murid.

Saya sering memberikan ilustrasi perumpamaan kepada para guru kami, bahwa Ikan yang sehat tidak tergantung pada Kolam atau Aquarium yang Mewah, melainkan tergantung pada air yang sehat serta bagaimana proses pemeliharaannya dilakukan secara baik dan termonitor terus-menerus.

Sekolah yang bagus tidak tergantung pada mahal atau mewahnya fasilitas, namun tergantung pada gurunya dan monitoring proses belajar mengajar yang terus menerus.

Lihatlah pengalaman kita dulu waktu masih sekolah, bagaimana pelajaran matematika, fisika, kimia, sejarah, bhs. Inggris dll. menjadi lebih mudah manakala yang mengajar adalah guru favorit di sekolah. Jadi sesungguhnya yg menyebalkan bukanlah pelajarannya tapi GURUNYA.

Semua masalah yang ibu sampaikan pada umumnya berawal dari proses perekrutan para gurunya, kebanyakan sekolah demi menciptakan Imej yang Bonafide lebih banyak merekrut guru yang “Pintar” secara IQ ketimbang sabar dan cinta anak.

Sekolah juga lebih menyukai calon guru yang bertitle tinggi atau lulusan dari Perguruan Tinggi ternama, ketimbang yang memiliki motivasi belajar tinggi dan selalu mau berubah menjadi lebih baik.

Sementara berdasarkan pengalaman kami, guru-guru yang hebat dan luar biasa yang kami miliki saat ini adalah guru yang sejak kecil memang sudah berniat menjadi guru, mencintai dunia anak, sabar dan penuh kasih sayang, sedangkan hal-hal yang saya sebut di atas seperti Pintar, Tingginya Title, serta berasal dari Perguruan Tinggi ternama sama sekali tidak menjamin.

Hal ini telah kami buktikan melalui pengalaman kami berkali-kali selama lebih dari 6 tahun merekrut guru dan menyelenggarakan sekolah yang di cintai anak.

Yang kedua adalah Sekolah sering kali memberikan fokusnya pada pencapaian kurikulum yang sudah di targetkan bukan pada upaya untuk melihat perbedaan cara belajar atau permasalahan sosial emosional yang dialami masing-masing anak, sehingga terjadilah fenomena para guru yang seperti “Supir Angkutan Umum yang dikejar setoran, lupa akan perasaan, kekhawatiran dan keselamatan para penumpangnya.

Yang ketiga adalah sistem monitoring terhadap guru yang SANGAT LEMAH, terutama pada guru-guru yang dinilai sering memiliki masalah dengan para anak dan orang tua.

Kami memiliki standar Perforamance yang sangat tinggi bagi guru-guru kami. Mereka dinilai oleh Atasan, Sejawat guru, Anak-anak juga para orang tua murid. Kami akan segera mengeluarkan seorang guru yang kami anggap tidak layak, namun demikian kami juga pernah meminta orang tua yang tidak peduli dengan proses pendidikan anaknya disekolah untuk mencari sekolah lain yang lebih peduli dari sekolah kami.

Yang keempat biasanya adalah guru tidak dibantu MENGHADAP MASALAH ANAK DI KELAS, untuk menyelesaikan permasalahnnya melalui proses Pelatihan dan Konseling yang terus-menerus dari Senior Teachernya/Guru Pembinanya (karena guru juga manusia yang punya banyak masalah pribadi di rumahnya)

Saran kami adalah bicarakan semua peristiwa dengan sekolah, ajaklah untuk melakukan perbaikan, namun jika tidak sebaiknya pindahkan ke sekolah lain dan jangan lupa cari sekolah yang membolehkan anak melakukan proses trial selama 1 s/d 2 minggu, untuk mengukur apakah anak kita kerasan dan betah disekolah yang baru tersebut. Jika tidak maka alternatif lain yang memungkinkan saat ini adalah dengan Home Schooling.

Jika berkenan coba ibu berkenjung kesekolah kami, Masterpiece di Serpong atau Star Int'l di Cibubur/Bogor/Medan untuk melihat langsung bagaimana guru2 kami mengajar, atau bisa merasakan langsung melalui program observasi (sekolah singkat 2 minggu) yg kami selenggarakan setiap 3 bulan sekali.

Info lengkap program OBSERVASI kami ada di www.ayahkita.blogspot.com atau www.ayahkita.com

Selamat mencoba semoga berhasil.
 
 
 
 

BAHAYA TAS YANG TERLALU BERAT BAGI ANAK-ANAK


VIVAnews - Setiap hari saat berangkat ke sekolah, tas pasti barang wajib yang dibawa anak. Isinya bermacam barang. Selain buku sekolah, ransel juga berisi alat olahraga, bekal makan dan air minum ...hingga laptop dan ponsel. Para ahli mengingatkan, bahaya di balik tas yang terlalu berat.

Anak yang memanggul tas sekolah berat berisiko mengalami cacat tulang belakang yang tak dapat disembuhkan. Tas berat meningkatkan risiko sakit punggung pada saat usia anak 14 tahun dan masa dewasa. Umumnya, kasus kelainan tulang belakang pada siswa termasuk tulang belakang yang melengkung atau scoliosis.

Menurut penelitian di Inggris, sebagian murid secara rutin membawa tas penuh barang hingga ada yang beratnya mencapai 10 kilogram.

Para ahli kesehatan mengatakan, anak-anak yang mengenakan tas terlalu berat akan menghadapi risiko kerusakan dalam jangka panjang bila secara teratur membawa beban lebih dari 15 persen berat badan mereka.

Badan amal BackCare mengklaim, sebagian besar anak membawa tas dengan berat 20 persen berat badan mereka. Beberapa anak bahkan membawa beban hingga 25 persen berat mereka.

Sean McDougall, dari BackCare, mengatakan tas yang kelewat berat sejak usia muda bagaikan "bom waktu kesehatan" di masa depan.

"Jika anak-anak telah merasakan sakit punggung saat usia sangat muda, mereka berpotensi mengalaminya selama 70-80 tahun berikutnya. Ini menghabiskan biaya fisik dan emosi yang sangat besar," katanya seperti dikutip Dailymail.

McDougall menambahkan, tulang anak sedang tumbuh yang mendapat beban berat akan menyebabkan kerusakan permanen."Banyak anak yang membawa tas di salah satu bahu atau membawa mereka di salah satu lekuk siku. Ini menyebabkan tekanan besar pada tulang belakang."

Dia menekankan, banyak anak saat ini menggunakan tas olahraga yang lebih besar daripada satu dekade sebelumnya. Dan, mereka cenderung mengisi tas sampai penuh.

Untuk itu, orang tua memiliki peran untuk mengawasi isi ransel anak."Orang tua harus memastikan anak mengepak apa yang mereka butuhkan dalam tas untuk hari ini saja. Pastikan juga anak menyampirkan tas ransel di kedua bahu.


INGIN ANAK SUKSES TAPI TAK BISA MENJANGKAU SEKOLAH YG BAGUS DAN MAHAL

Sumber: di sini

TANYA:

... Dear Ayah Edy,

Saya mempunyai anak berusia 1 tahun. Yang ingin saya tanyakan bagaimana orang tua dapat mengoptimalkan kecerdasan anak ditengah sistem pendidikan dan kurikulum di negara ini yang tidak mendukung?

Bagaimana apabila orang tua tidak dapat mengakses lembaga pendidikan yang berbasis multiple inteligence dan holistic learning sehingga anak terpaksa dimasukkan ke sekolah umum yang notabene tidak memfokuskan pada kelebihan anak dan hanya mengandalkan nilai ujian sebagai tolak ukur kecerdasan?

Apa yang bisa orang tua lakukan dirumah sebagai penyeimbang kondisi pengajaran di sekolah?

Terima kasih.
Yunita

JAWAB:

Bu Yunita yang baik,

Dari pertanyaan ibu sepertinya bu Yunita sering mendengarkan talkshow kami di Radio Smart Fm dan sepertinya juga telah menyadari kondisi pendidikan yang ada.

Dalam seminar Merancang Sukses Anak Sejak Usia Dini saya mengajukan konsep nyata pada orang tua bagaimana bisa mensiasati kondisi pendidikan yang ada, yakni dengan mengganti tujuan anak bersekolah yang tadinya hanya mendapatkan Ijazah, menjadi sebuah rencana kerja untuk mencapai Profesi yang cocok bagi anak agar bisa hidup bahagia dan berkecukupan secara financial.

Selain itu juga mengganti tujuan sekolah yang semula hanya untuk mendapatkan nilai yang tinggi di semua bidang mata pelajaran, menjadi berfokus hanya pada bidang-bidang yang menjadi keunggulan unik anak-anak kita. (Mudah-mudahan Mother & Baby suatu ketika akan berkenan menyelenggarakan seminar ini untuk para pembaca setianya)

Namun demikian untuk memenuhi rasa ingin tahu ibu, kami akan meringkas isi seminar itu kedalam bentuk langkah-langkah konkrit yang bisa kita lakukan segera.

Langkah pertama adalah dengan membantu anak untuk mengetahui aktivitas-aktivitas yang paling disukainya, karena menurut rumus orang-orang sukses, mengatakn bahwa sukses dimulai dengan menemukan bidang yang menjadi kecintaannya. (untuk usia anak 1 tahun bisa dilakukan melalui pengamatan prilakunya)

Langkah kedua adalah ajak anak untuk melihat sebanyak-banyaknya profesi/aktivitas yang ada di dunia ini, caranya dengan sering-sering mengajaknya ke berbagai macam pameran, menceritakan melalui buku tentang berbagai profesi dsb. Hal ini perlu terus dilakukan untuk menggali minat anak yang sesungguhnya. (itulah mengapa orang asing sering menggendong balitanya untuk melihat berbagaimacam pameran dan aktivitas)

Langkah ke 3 adalah membuat daftar aktivitas atau bidang yang disukai anak minimal 10 jenis aktivitas. (Dengan cara mengamati mulai usia 1 tahun hingga 12 tahun)

Langkah ke 4 adalah Ekstraksi menjadi dua bidang yang paling disukai, dan menguji kemampuannya pada bidang tersebut apakah juga mendukung. Untuk akhirnya dari dua bidang tersebut dipilih satu yang paling bagus kombinasi antara minat dengan bakatnya.

Langkah ke 5 Menetapkan profesi impian anak, secara detail dan spesifik. berdasarkan figur-figur top yang pernah ada di dunia profesional. (biasanya mulai jelas pada anak usia 12 tahun atau lebih)

Langkah ke 6 Membuat rencana program pencapaian yang didalamnya memuat rencana jenis dan jenjang sekolah yang mendukung juga kursus-kursus tambahan yang diperlukan. (sebagian anak yang kami bimbing berhasil mencari jenis kursus dan sekolahnya sendiri)

Langkah ke 7 Hanya berfokus pada pelajaran yang sesuai dengan tujuan profesi yang telah ditetapkan. Sementara pelajaran lain cukup pada angka rata-rata. (orang sukses selalu berprofesi di bidang keunggulannya dan bukan di sisi lemahnya)

Langkah ke 8 Lakukan sekarang juga !

Apakah ini semua akan berhasil dan berapa lama...? saya sudah membimbing para orang tua yang anaknya berusia SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Sebagian besar mereka telah berhasil menentukan dan membuat rencana pencapaian karirnya sendiri. Dan bahkan mereka telah bisa membuat Action Plan (Rencana Hidup) serta mencari sekolah terbaik bagi pencapaian target suksesnya sendiri (anak yang termuda berusia 14 tahun.)

Yang terpenting bagi anak-anak kita adalah menemukan tujuan akhir profesi sukses hidupnya sejak usia dini. Sedangkan sekolah hanyalah alat bantu atau sarana pendukung untuk bisa mencapai tujuan akhir tsb. Persis seperti seorang yang hendak pergi maka yang utama harus dimiliki adalah alamat yang di tuju, sedangkan kendaraan serta jalan yang akan dilalui akan disesuaikan dengan alamat yang dituju tersebut.

Dalam waktu dekat kami akan menerbitkan buku mengenai merancang sukses anak sejak usia dini dan berencana untuk membuatkan seminarnya bagi para orang tua diseluruh tanah air.

Demikian yang bisa kami jelaskan dalam kesempatan ini, semoga bisa membantu ibu untuk menentukan langkah yang tepat dalam membimbing anak menuju sukses yang sesungguhnya dan bukan hanya sukses untuk mendapatkan Ijazah semata.


Gibran

Poto-Poto Gibran dari Lahir sampai sekarang






 
 
 
 
 
 
 

Buku Anak

Kemarin waktu mau ke sini, ibu banyak masukin buku punya Zidan, tapi sama ayah dikeluarin lagi, tapi kalo buku favorit Zidan , tetap dimasukin sama ibu.
Ini bukunya Zidan yang telah ikut terbang ke Rochester.
Buku-buku Favorit Zidan
Buku cerita Nabi favorit Zidan









Selasa, 25 Desember 2012

Bermain Salju

Pagi Ini salju turun lagi, kebetulan matahari muncul, ajak Zidan ke  luar rumah untuk main salju meski sebentar, takutnya makin lama makin kedinginan.

this is it,


 
 
 
 
 
 
 

Jumat, 21 Desember 2012

Lagu dan Tepuk Anak TPA


SUMber: di sini


1. amal apa

( Lagu : Sedang apa )
Amal apa. Amal apa, yang disukai Allah
Bersholatlah, bersholatlah, tepat pada waktunya
Apa lagi, apa lagi, yang disukai Allah
Berbaktilah, berbaktilah pada ibu dan ayah
Apa lagi, apa lagi yang disukai Allah
Sholawatlah, sholawatlah pada Nabi Muhammad
Apa lagi, apa lagi yang disukai Allah
Berjuanglah, berjuanglah, berjuang di jalan Allah

2. mari-marilah sholat

( Lagu : Naik-naik ke puncak )
Sayang-sayang adikku sayang
Mari-marilah sholat

Satu hari lima kali sujud pada Illahi
Satu hari lima kali sujud pada Illahi

Mari-mari, marilah sholat
Lima kali sehari

Subuh Dhuhur Asar Maghrib
Isya’ kembali ke Shubuh lagi
Subuh Dhuhur Asar Maghrib
Isya’ kembali ke Shubuh lagi

3. ikrar kita

(Lagu : Bintang Kecil )
Tuhan kita, Allahu Ar Rohim
Nabi kita, Muhammad Al Amin
Kitab kita, Al Qur’anul Karim
Teman kita, sesama muslimin

4. santri kecil

(Lagu : Bintang Kecil )
Santri kecil di masjid yang indah
Bawa Qur’an dan bawa sajadah
Rajin ngaji dan rajin ngibadah
Pakai peci dan busana muslimah
Santri kecil TPA MTA
Bawa Qiro’aty dan AL Qur’an
Rajin sholat dan rajin mengaji
Sayang kawan tak suka bermusuhan

5. agamaku islam

( Lagu : Topi saya bundar )
Agamaku Islam, Islam agamaku
Kalau bukan Islam, bukan agamaku
Tuhan saya Allah, Allah Tuhan saya
Kalau bukan Allah, bukan Tuhan saya
Tuhan saya satu, satu Tuhan saya
Kalau tidak satu, bukan Tuhan saya

6. rukun islam

( Lagu : Balonku ada lima )
Rukun Islam yang lima
Syahadat, sholat, puasa
Zakat untuk si papa
haji bagi yang kuasa
Siapa yang tak sholat ( nar ….. )
Siapa yang belum zakat
Kan rugi di akhirat
Allah pasti melaknat

7. allah maha esa

( Lagu : Balonku ada lima )
Allah yang Maha Esa
Pemurah dan Pencipta
Tempat hamaba meminta
Memuji dan berdoa
Beriman dan berakal
Untuk bekal hidupku
Ikhtiyar dan tawakal
Itulah usahaku

8. tuhan hanya satu

( Lagu : Balonku ada lima )
Tuhanku hanya satu
Tiada bersekutu
Dia tidak berputra
Tidak pula berbapa
Siapa bilang tiga door !
Itu musyrik namanya
Orang seperti dia
Nerakalah tempatnya

9. sholat dan zakat

( Lagu : Panjang umurnya )
Sholat bersama, sholat bersama
Sholat bersama lebih mulia
Lebih mulia, lebih mulia
Membayar zakat, membayar zakat
Membayar zakat juga utama
Juga utama, juga utama
Rajin mengaji, rajin mengaji
Rajin mengaji juga mulia
Juga utama, juga utama

10. mari mengaji

( Lagu : Naik delman )
Tiap sore hari ku rajin dating mengaji
Dengan kawan-kawan, tuk jadi anak terpuji
Di samping mengaji, diajar pula menyanyi
Agar hati ini selalu dekat Illahi
Yo kawan-kawan, marilah kita mengaji
Yo kawan-kawan, marolah kita mengaji

11. allah maha esa

( Lagu : Burung kakak tua )
Allah Maha Esa, Allah Maha Kaya
Allah Maha Sayang, Allah Maha Kuasa
Allah, Allah, Allahu akbar
Allah, Allah, Allahu akbar
Allah, Allah, Allahu akbar
Allah Maha Besar
Allah Maha Besar, Allah Maha Kekal
Allah Maha Esa, Allah yang sempurna
Allah, Allah, Allahu akbar
Allah, Allah, Allahu akbar
Allah, Allah, Allahu akbar
Allah Maha Besar

12. santri tpa

( Lagu : Warung pojok )
Hijau muda seragamnya ( menawan )
Pakai jilbab di kepala ( cantiknya )
Qiro’aty bawaannya
Cinta Al Qur’an orangnya
Aduh gantengnya, aduh cantiknya
Aduh anggunnya, baik budi pekertinya

13. mari sholat

( Lagu : Gelang sipatu gelang )
Sholat, marilah sholat
Mari sholat bersama-sama
Barang siapa yang tidak sholat
Yang tidak sholat mendapat siksa

14. cara wudlu

( Lagu : Naik-naik ke puncak )
Mari kawan kita belajar
Cara wudlu yang benar
Yang pertama baca basmalah
Dua basuh telapak tangan
Yang ketiga berkumur-kumur
Sambil membasuh lubang hidung
Yang keempat membasuh muka
Lalu membasuh tangan
Dahulukan tangan yang kanan
Baru tangan yang kiri
Usap kepala langsung telinga
Cukup sekali saja
Yang kelima membasuh kaki
Hingga ke mata kaki
Dahulukan kaki yang kanan
Baru kaki yang kiri
Jangan lupakan baca syahadat
Agar wudlu sempurna

15. jalan masuk syurga

( Lagu : Satu-satu )
Satu-satu aku cinta Allah
Dua-dua cinta Rasulullah
Tiga-tiga cinta orang tua
Satu, dua, tiga jalan masuk syurga

16. rukun iman

( Lagu : Satu-satu )
Rukun iman enam perkara
Yang pertama iman kepada Allah
Yang kedua Malaikat-Nya
Yang ketiga Rasul-rasul-Nya
Yang keempat Kitab-kitab-Nya
Yang kelima hari Qiamat
Yang keenam Qodho dan Qodhar
Semua datang dari Allah 2X

17. 25 rasul

( Lagu : Sorak-sorak bergembira )
Adam, Idris, Nuh, Hud, Sholeh
Ibrahim, Luth, Ismail
Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Ayyub
Syu’aib, Harun, Musa
Dzulkifli, Daud, Sulaiman
Ilyas, Ilyasa, Yunus
Zakaria, Yahya, Isa
Muhammad Nabi kita

18. kitab al quran

(Lagu : Layang-layang )
Ku ambil kita Al Qur’an
Ku baca dan kuartikan
Ku simak dan ku renungkan dengan tenang
Ku jadikan pedoman
Berlatih berlatih
Berlatih membaca Al Qur’an
Berlatih dan ku ajak kawan-kawan
Hati gembira dan senang

19. muhammad rasulullah

( Lagu : Apuse )
Muhammad Rasulullah
Penutup Nabi dan Rasul
Sebagai rahmad bagi alam raya
Muhammad Rasulullah
Pemimpin di akhir zaman
Sholawat serta salam kami untukmu

Ya Muhammad, Rasulullah
Ya Muhammad, hamba Allah
Muhammad Rasulullah
Teladan bagi ummatnya
Al Qur’an firman Allah pedomannya
Muhammad Rasulullah
Jasamu amatlah besar
Mari kita teruskan ajarannya

20. rukun islam

( Lagu : Siapa suka hati )
Katakan rukun Islam yang pertama ( Syahadat )
Katakan rukun Islam yang kedua ( Sholat )
Ketiganya puasa, keempat membayar zakat
Kelima pergi haji naik pesawat wus… wus…

21. disini islam disana islam

( Lagu : Disini senang di sana senang )
Disini Islam disana Islam
Dimanapun aku tetap Islam
Sekarang Islam, besokpun Islam
Sampai matipun ku tetap Islam
Dimanapun tetap Islam, Islam jaya dimanapun
Tetap Islam, Islam jaya dimanapun

22. i q r o

( Lagu : Disini senang di sana senang )
Disini Iqro’ disana Iqro’
Dimana-mana bacalah Iqro’
Di sekolah baca, di rumah baca
Di mana-mana bacalah Iqro’

خَ حَ جَ ثَ تَ بَ اَ

صَ شَ سَ زَ رَ ذَ دَ
قَ فَ غَ عَ ظَ طَ ضَ
يَ ءَ هَ وَ نَ مَ لَ كَ

23. santri kecil

( Lagu : Pelangi koes plus )
Kulihat santri kecil di sore hari
Ia rajin mengaji sambil bernyanyi

Santri kecil-santri kecil
Rajin-rajinlah mengaji
Mengabdi pada Illahi
Untuk bekal hari nanti

24. suara adzan

(Lagu : Kring-kring-kring ada sepeda)
Terdengar suara adzan,
Tanda panggilan sholat
Tundalah kegiatan,
Marilah beribadat
Dengar seruan qomat,
Sholatkan dimulai
Khusyu’ waktu ibadah
Ikhlas di dalam hati

25. al quran

(Lagu : Soleram)
Al Qur’an, Al Qur’an
Al Qur’an firman Tuhan
Kitab suci menjadi pedoman kawan
Pelajari serta diamalkan
Kitab suci menjadi pedoman kawan
Pelajari serta diamalkan

26. mari kita sholat

( Lagu : Matahari terbenam )
Ayo kawan semua, mari kita sholat
Tinggalkan permainan, kerjakan ibadah
Ayo … ayo…. ayo mari kita sholat
Ayo … ayo … ayo kerjakan ibadah

27. pergi mengaji

( Lagu : Matahari terbenam )
Menjelang sore hari, ku pergi mengaji
Kubawa Qiro’aty, dengan senang hati
Ayo…ayo… ayo kita mengaji
Ayo…ayo… ayo kita mengaji

28. lihat aku

( Lagu : Lihat kebunku )
Lihatlah aku anak yang pintar
Riang selalu dan rajin belajar
Setiap hari ku ngaji Qur’an
Bersama teman
Di TPA MTA

29. waktu dan rekaat sholat

(Lagu : Bangun tidur)
Sholat Shubuh di pagi hari
Sholat Dhuhur di siang hari
Sholat Asar di sore hari
Maghrib, Isya’ di malam hari
Sholat Subuh dua rekaat
Dhuhur ‘Asar empat rekaat
Sholat Maghrib tiga rekaat
Sholat Isya’ empat rekaat

30. mengaji al qur an

(Lagu : Heli anjing kecil)
Mari mengaji Al Qur’an
Dengan ustadz ustadah
Ikuti dan perhatikan
Jangan banyak bercanda
Ingat, Hei teman
Hormati Al Qur’an
Ayo, hei teman
Kita mengamalkan

31. aku anak islam

(Lagu : Aku anak sehat)
Aku anak Islam rajin sembahyang
Karena bimbingan ibu tersayang
Semenjak aku kecil, slalu ikut mengaji
Sehingga mengerti ajaran Ilahi
Senang hati ibu melihat aku
Tak lupa mengaji setiap waktu
Bila aku belajar ibu slalu ihtiar
Membimbingku belajar jadi anak yang pintar

32. masuk pengajian

(Lagu : Lagi bilaman)
Ayo, kawan-kawan kita bergandeng tangan
Besama-sama masuk ke pengajian
Ayo, ayo , ayo
Ayo, ayo, ayo
Bawa Qiro’aty dan Al Qur’an
Jangan sampai ketinggalan
Duduk tertib mendengarkan

33. cinta islam

( Lagu : Desaku)
Islamku yang kucinta
Kujaga selalu
Membuat ku bahagia
Dan ingin menyatu
Tak akan kulupakan
Tak akan bercerai
Selalu kudambakan
Islamku yang damai

34. ngaji sama-sama

( Lagu : Cublak-cublak suweng )
Ngaji sama-sama, yang ramai tidak bisa
Yang ngantuk tidak dengar, yang nganggu tak disuka
Bismillah ayo ngaji, bismillah ayo ngaji
Ayo-ayo ngaji, ngajine sing tenanan
Ora pareng gojegan
Lungguhe anteng-antengan
Sing rame kancane syetan
Bismillah ayo ngaji, bismillah ayo ngaji

35. siapa tahu

( Lagu :Nama-nama rasa )
Siapa tahu nama Tuhan kita
Allah Allah Allah Azawajala
Siapa tahu nama Nabi kita
Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam
Cobalah katakan apa kitab kita
Alqur’an namanya
Sesama muslim itu teman kita
Kalau musuh kita adalah setan

36. menuntut ilmu

( Lagu : Bebek-bebekku )
Teman-temanku, mari-kemari
Ikutlah aku menuntut ilmu
Disana kita ngaji bersama
Tuk bekal hidup nanti diakhiratnya
Yo ikut, yo ikut ngaji bersama
Belajar Al Qur’an dengan gembira

37. arti tpa dan mta

(Lagu : Apa guna keluh kesah)
Apa artinya TPA
Apa artinya TPA
Taman Pendidikan Al-Qur’an
Itu artinya TPA
Apa artinya MTA
Apa artinya MTA
Itu Majlis Tafsir Al-Qur’an
Itu artinya MTA

38. allah tujuan kita

(Lagu : Semut-semut kecil)
+ Wahai santri-santri
Ustadz mau tanya
Siapa Tuhanmu, siapa Nabimu, dan apa kitabmu ?
= Ustadz baik hati
Kami kan menjawab
Allah Tuhanku, Muhammad Nabiku, Al Qur’an kitabku
Alhamdulillah kalian tahu
Alhamdulillah kalo begitu
+ Wahai santri-santri
Ustadz tanya lagi
Siapa temanmu, siapa musuhmu, harus bagaimana ?
= Ustadz baik hati
Kami kan menjawab
Muslim temanku, Syetan musuhku wajib dijauhi
Allah ta’ala tujuan kita
Nabi Muhammad teladan kita
Al Qur’an karim, pedoman kita
Iman dan taqwa bekal utama
La la la la la la la la la 2x
La la la la la la la la la 2x

39. masyithoh

Wahai Masyithoh putrid Islam yang mulia
Imannya teguh pada Allah Taala
Fir’aun tahu serta marah kepadanya
Lalu disiksa dengan kejam tak terkira
Masyithoh sholeh diberi hukuman yang mengerikan
Tak gentar dengan rela hati
Allahu Akbar 2x

40. satri kecil

Santri-santri kecil dari TPA MTA
Bawa Qiroaty juga bawa Al Qur’an
Bermain bernyanyi mengaji bersama
Berseragam indah bagai kupu-kupu syurga

41. sholat wajib

Tak lupa tugasku setiap hari
Sembahyang wajibku yang lima kali
Shubuh Dhuhur ‘Ashar Maghrib dan Isya’
Tak mungkin aku lupakan slama-lamanya

42. syahadat

Asyhadu alla illaha illa Allah
Waasyhadu anna Muhammadar rasulullah
Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah
Dan saya bersaksi Muhammad utusan Allah

43. ciptaan allah

Bila kupandang langit dan bumi
Alam semesta ini
Semua ciptaan yang Esa
Ya ….. Allah
Firman-Mu bagai sinar yang terang
Menuju kebenaran
Jauhkan aku dari siksaan
Ya ….. Allah
Pengasih dan penyayang
Pada semua insane
Memuji selalu nama-Mu
Allah, Allah, Allah

44. anggota badan

Kita hafalkan bersama
Nama-nama anggota badan
Dalam bahasa Arab
Kepala rokshun, rambut sya’run
Kening jabkhotun, mata ‘ainun
Hidung anfun, telinga udzunun
Dada shodrun, leher unuqun
Famun mulut, shofkhotun bibir
Sinun gigi, lisanun lidah
Bagnun perut, rijlun kaki
Yadun tangan, ashobiun jari-jari

45. bulan hijriah

Mari kawan semua, kita menghafalkan
Dua belas nama bulan dalam tahun Hijriayah
Satu Muharrom, kedua Shafar
Taga Robiul awal, empat Rabiul tsani
Lima Jumadil ula, enam Jumadil tsaniyah
Ketujuh bulan rojab, delapan bulan Sya’ban
Sembilan Romadhon, sepuluh bulan Syawal
Sebelas Dzulqoidah, Duabelas Dzulhijah

46. alhamdulillah punya mata

Alhamdulillah, alhamdulillah
Aku punya mata
Mataku indah mataku bersih
Oh Alhamdulillah
Dapat kulihat dapat kupandang
Pemandangan indah
Aku bersyukur Alhamdulillah
Terimakasih Allah

47. 10 malaikat allah

10 Malaikat Allah
Jibril pembawa wahyu
Mikail pembagi rizqi
Isrofil peniup sangka kala
Izroil pencabut nyawa
Munkar dan Nakir penanya di kubur
Rqib dan Atid pencatat amal
Malik penjaga di Neraka
Ridwan penunggu Syurga
10 Malaikat Allah

48. allah maha melihat

Allah Maha Melihat hat … hat…
Semua perilakumu mu… mu…
Allah Maha Mendengar ngar…ngar…
Semua perkataanmu mu…mu…
Ayo kita waspada da…da…
Jangat berbuat dosa sa…sa…
Ingat ingat selalu lu…lu…
Allah mengawasimu mu…mu…

49. rukun islam dan iman

Rukun Islam ada lima
Pertama ucap dua kalimat syahadat
Keduanya sholat ketiga berpuasa
Keempat zakat kelima naik haji
Rukun Iman ada enam
Percaya Allah, percaya pada malaikat
Percaya Kitab Allah serta Nabi dan Rasul
Percaya kiamat qodho dan qodar
Rukun Islam harus dikerjakan
Rukun Iman diyakini

50. i pi ya

Ipiyaa ya ya ipiye
Aku dadi cah Islam wae
Yen awan tak pikerke
Yen wengi tak impekke
Imanku san soyo kuwate
Ayo konco ayo konco
Iki wis arep sasi poso
Mulo padha nindhakno
Iku sifat satriyo
Bedho karo sifate buto

51. belajar ngaji

Saya ingin belajar Bu
Belajar di TPA
Perlu cari ilmu Bu
Ilmu yang berguna
Blajar mengkaji Qur’an Bu
Ilmu yang sempurna
Besok untuk bekal Bu
Kecil sampai tua
Sungguh Qur’an itu Bu
Petunjuk manusia
Agar bahagia Bu
Dunia akhiratnya

52. sholat

Sholat iku penggawe mulyo
Laku gampang ora rekoso
Lan ngilangake laku kang nistha
Mumpung isih pada ana ndonya
Tindake Nabi wajib den turut
Nyembah Allah kelawan sujud
Lan nindakake laku kang becik
Ngedohi laku alo lan musyrik

53. mesemma

Mesemmaaa……..
Yen ora bisa kandha
Mesemmaaa……..
Yen ora pati cetha
Mesemmaaa……..
Nadyan atimu rada gelo
Mesemmaaa……..
Ngiras kanggo tamba
Mesemmaaa……..

54. bocah cilik

Bocah cilik-cilik
Lungguh tharik-tharik
Sandangane resik
Tumindake becik
Allah Pangeranku
Muhamamd Nabiku
Islam agamaku
Al Qur’an kitabku

55. doa ibu

Sejak kecil kudiasuh
Oleh ayah dan ibu
Tak pernah dia mengeluh
Malam kudijaga
Pesan dari ibu guru
Kuingat selalu
Do’akanlah orang tua
Biar masuk syurga
Oh Tuhan, oh Tuhanku
Dengarlah do’aku
Kasihinilah ayah dan ibu
Dan ampunilah dosanya

56. nabi yuna

Nabiyuna Nabi Muhamamd
Ismu abi sayyid Abdullah
Ummuhu sayyidah Aminah
Wahyuwayyulladu bi Makkah
Yaumul Isnain qobla subhi
Syahrul April yaumul ‘Asyiri
Amun fiil maulidun Nabi
Khomsun mi’ah wahid wa sab’iin
Nabiku Nabi Muhammad
Ingkang romo sayyid Abdullah
Ingkang ibu Siti Aminah
Miyos dalem wonten ing Mekkah
Dino Senen ing wayah subuh
Sasi April tanggal rong puluh
Tahun Fill miyose Nabi
Limo pitu siji tahun Masehi

57. allahu akbar

Allahu akbar, Allahu Akbar
Allahu akbar, Allahu Akbar
Esuk-esuk uthuk-uthuk
Gununge katon ngregunuk
Genduk ojo ngantuk
Kae adzane wis nyeluk
Allahu akbar, Allahu Akbar
Allahu akbar, Allahu Akbar
Sisih wetan bang nerawang
Ojo padha ongkang-ongkang
Kakang menyang mblumbang
Sesuci nuli sembahyang
Allahu akbar, Allahu Akbar
Allahu akbar, Allahu Akbar

58. allah maha welas

Duh Gusti nyuwun kawelasan
Dateng sadaya kesaenan
Duh Dzat kang welas
Lan kang ngapura
Mugi ngapunten
Ing dosa kita

59. assalaamu ‘alaikum

Assalaamu ‘alaikum
Wa’alaikum salam
Semoga sejahtera
Atas karunia-Nya

60. bismillah hirrahmaanirrohiim

Bismillahirrohmaanirrohiim
Dengan jalan rahmat dan kasih-Nya
Mereka yang beriman mereka yang bertakwa
Senantyasa dalam nikmat Allah

MACAM-MACAM TEPUK

1. TEPUK ISLAM
Tepuk Islam
( X X X ) agamamu ( X X X ) Islam
( X X X ) Tuhanmu ( X X X ) Allah
( X X X ) Nabimu ( X X X ) Muhammad
( X X X ) Kitabmu ( X X X ) Al Qur’an
( X X X ) temanmu ( X X X ) muslim
( X X X ) musuhmu ( X X X ) syetan

2. TEPUK TENANG
Tepuk tenang
( X X X ) te ( X X X ) nang
( X X X ) tenang sedakep Mendel cep.

3. TEPUK KHOLIFAH
Tepuk Kholifah
( X X X ) pertama ( X X X ) Abu Bakar
( X X X ) kedua ( X X X ) Umar
( X X X ) ketiga ( X X X ) Usman
( X X X ) keempat ( X X X ) Ali

4. TEPUK RUKUN ISLAM
Tepuk rukun Islam
( X X X ) pertama ( X X X ) syahadat
( X X X ) kedua ( X X X ) shalat
( X X X ) ketiga ( X X X ) puasa
( X X X ) keempat ( X X X ) zakat
( X X X ) kelima ( X X X ) haji

5. TEPUK RUKUN IMAN
Tepuk rukun Iman
( X X X ) pertama ( X X X ) pada Allah
( X X X ) kedua ( X X X ) Malaikat
( X X X ) ketiga ( X X X ) Kitab-Nya
( X X X ) keempat ( X X X ) Nabi-Nya
( X X X ) kelima ( X X X ) Hari Kiamat
( X X X ) keenam ( X X X ) Taqdir

6. TEPUK AL QUR’AN
( X X X ) pertama ( X X X ) Al Fatihah
( X X X ) kedua ( X X X ) Al Baqorah
( X X X ) ketiga ( X X X ) Ali Imran
( X X X ) keempat ( X X X ) An Nisa’
( X X X ) kelima ( X X X ) Al Maidah
( X X X ) keenam ( X X X ) Al An’am
( X X X ) ketujuh ( X X X ) Al A’raf
( X X X ) kedelapan ( X X X ) Al Anfal
( X X X ) kesembilan ( X X X ) At Taubah
( X X X ) kesepuluh ( X X X ) Yunus

7. TEPUK ISTIQOMAH
( X X X ) Aku ( X X X ) Anak Islam
( X X X ) Slalu bangga ( X X X ) dengan Islam
( X X X ) Jadi mentri ( X X X ) tetap Islam
( X X X ) Jadi mantri ( X X X ) tetap Islam
( X X X ) Pak polisi ( X X X ) tetap Islam
( X X X ) Sampai mati ( X X X ) tetap Islam
( X X X ) Islam Islam yes.

8. TEPUK ISLAM JAYA
( X X X ) I ( X X X ) S
( X X X ) L ( X X X ) A
( X X X ) M ( X X X ) Islam …. Jaya.

9. TEPUK SHOLAT
( X X X ) Lima waktu ( X X X ) kulakukan
( X X X ) Hati riang ( X X X ) jiwa lapang
( X X X ) Subuh ( X X X ) Dhuhur
( X X X ) Ashar ( X X X ) Maghrib
( X X X ) Isya’ ( X X X ) tak pernah
( X X X ) kutinggalkan

10. TEPUK PANJI ISLAM
Panji Islam kan datang ( X X X hey )
Umat Islam kan menang ( X X X hey )
Tak henti kami berjuang ( X X X hey )
Agar panji Islam menjulang ( X X X hey )

Daftar blog tentang lagu anak:
http://datapendidik.blogspot.com/2012/06/kumpulan-lagu-anak-anak.html
http://tunjungbudiwati.wordpress.com/page/2/

Sumber: di sini

IPS dan PKn

Peta Indonesia
Nada: Dari Sabang Sampai Merauke

Sumatera, Kalimantan, Sulawesi,
Maluku, dan Papua
Nusa Tenggara, Bali, dan Jawa
Itulah Indonesia..

Diapit oleh dua samudera,
Pasifik dan Hindia
Diantara dua benua,
Asia dan Australia

Sila Pancasila
Nada: Garuda Pancasila

Pancasila adalah
lima sila dasar negara,
Kesatu, Ketuhanan
Kedua, Kemanusiaan
Ketiga, Persatuan bangsa
Keempat, Rakyat bermusyawarah
Kelima, Keadilan
Ayo kita semua
paham dan amalkan
nilai pancasila..


Nama Presiden
Nada: 17 Agustus 1945

Enam puluh enam tahun kita merdeka
Enam presiden kita silih berganti
Pemimpin bangsa teladan kita
Berjuang ‘tuk menjadikan Indonesia, berjaya..

Soekarno, jadi presiden pertama,
Soeharto, Habibie, saat orde baru,
Abdurrahman Wahid, Megawati, semua pemimpin reformasi
Pak Susilo Bambang Yudhoyono, presiden kita terkini.


Nama Provinsi
Nada: Rasa Sayange

Marilah kawan, mari kita mengenal,
Nama-nama provinsi di seluruh Indonesia.

Nanggroe Aceh Darussalam,
Sumut, Sumbar, Jambi, Bengkulu
Riau, Kepulauan Riau,
Sumsel, Lampung, Bangka Belitung

Marilah kawan, mari kita mengenal,
Nama-nama provinsi di seluruh Indonesia.

Jakarta, Jabar, dan Banten
Jateng, Jatim, Jogjakarta,
Bali, NTB, NTT,
Kalbar, Kaltim, Kalteng, Kalsel

Marilah kawan, mari kita mengenal,
Nama-nama provinsi di seluruh Indonesia.

Sulut, Sulbar, Sulteng, Sultra
Ada juga Gorontalo
Maluku, Maluku Utara,
Papua, dan Papua Barat

Marilah kawan, mari kita mengenal,
Nama-nama provinsi di seluruh Indonesia.

Negara ASEAN
Nada: Ampar-Ampar Pisang

Kelompok ASEAN, ada sepuluh negara
Perkumpulan bangsa, di Asia Tenggara
Association, of South East Asia Nation..

Indonesia, Singapura..  Malaysia, Thailand..
Brunei Darussalam..Filipina, Laos, Vietnam..
Kamboja, Myanmar.. semua negara ASEAN..

Negara Tetangga
Nada: Cik Cik Periook

Indonesia –ibu kotanya Jakarta
punya negara tetangga
di sekeliling nusantara

Filipina-ibu kotanya Manila
Malaysia- Kuala Lumpur
Brunei- Bandar Seri Begawan

Thailand- Bangkok , Singapura- Singapura
Vietnam- Hanoi, Kamboja- Pnom Penh,
Laos- Vientiene, Myanmar- Yangoon

Australia, ibu kotanya Canberra
Papua Nugini-Port Moresby
Timor Leste- Kota Dili

Semua itulah tetangga, negara kita Indonesia.. (nada terakhir diulang)

Benua dan Samudera
Nada: Potong Bebek Angsa

(versi  1)

Asia, Eropa.. Afrika, Amerika..                      
Ada Australia, dan juga Antartika..
Semuanya itu nama-nama benua
Daratan luas yang ada di dunia
Ada juga samudera, lautan yang luas
Pasifik, Atlantik, Hindia, Artik


(versi  2)

Ayo kita belajar, nama-nama benua                
Daratan yang luas, yang ada di bumi
Asia si Kuning, Eropa si Biru                
Afrika si Hitam, Amerika Merah
Australia Hijau, Antartika Putih
Itu nama benua dan ciri-cirinya

Ada juga samudera, lautan yang luas
Artik di utara, Hindia di selatan
Antara Asia, dan benua Amerika
Disanalah letak Samudera Pasifik
Antara Amerika, dan benua Eropa
Disanalah letak Samudera Atlantik

Ekspor dan Impor
Nada: Naik-Naik ke Puncak Gunung

Ekspor itu menjual barang.. dari dalam ke luar negeri
Impor itu membeli barang.. dari luar ke dalam negeri

Barang ekspor banyak jenisnya.. hasil kekayaan alam kita,
Pertanian, dan industri.. juga tambang di luar migas

Ekspor itu menjual barang.. dari dalam ke luar negeri
Impor itu membeli barang.. dari luar ke dalam negeri

Barang impor banyak macamya.. untuk kebutuhan kita semua,
Bahan baku, barang konsumsi.. serta aneka barang modal

Kegiatan Ekonomi
Nada: Balonku

Konsumsi itu memakai, konsumen itu pemakai
Produksi itu membuat, produsen itu pembuat
Distribusi menyalurkan, barang! Distributor itu penyalur,
Mereka bekerja sama, dalam kegiatan ekonomi

Kerajaan Nusantara
Nada: Becak

Ayo kawan semua, mari kita belajar
cerita kerajaan, Hindu, Budha, dan Islam
ingat nama rajanya, apa peninggalannya,
semua itu, kerajaan nusantara,
semua itu, sejarah bangsa kita

Kutai Kertanegara, k’rajaan hindu tertua
Ada di Kalimantan, rajanya Mulawarman
Kalau di Jawa Barat, ada Tarumanegara
K’rajaan hindu, rajanya Purnawarman
Peninggalannya, prasasti Batu Tulis

Kediri Singasari, ada di Jawa Timur
Kerajaan berbeda, tapi satu silsilah,
Kediri- Raja Airlangga, Singasari- Ken Arok
Keduanya, banyak peninggalannya
Candi, kitab, patung, serta prasasti

Diantara semua,  ada yang paling terkenal
Majapahit namanya, kerajaan terbesar
Raden Wijaya rajanya, Gajah Mada panglimanya
Sumpah Palapa, satukan nusantara
Sumpah Palapa, cikal bakal Indonesia

Di tepi sungai Musi, ada kerajaan Budha
Sriwijaya namanya, Raja Balaputradewa
Di Jawa ada Mataram, Raja Sanjaya pemimpinnya
Candi Borobudur,  itu peninggalannya
Kitab Sutasoma, dan Negara Kertagama

Di utara Sumatera, ada kerajaan Islam
Samudera Pasai namanya, rajanya Malikus Saleh,  
Di bumi serambi mekah, ada Kerajaan Aceh
Sultan Iskandar Muda, raja yang paling ternama
Islam mencapai, puncak kejayaannya

K’rajaan Demak dan Banten,  semua ada di Jawa
Raden Patah raja Demak, Sultan Ageng raja Banten
Gowa-Tallo di Makassar, Hasanuddin-lah rajanya
Ternate Tidore, k’rajaan di Maluku
Masjid, kaligrafi, itu peninggalannya

Hidup Rukun
Nada: Marina menari di Menara

Didi dan Budi berteman
Mereka tidak pernah bertengkar
Didi dan Budi saling menyayangi
Mereka hidup rukun

Bhineka Tunggal Ika
Nada: Lihat Kebunku

Semboyan bangsa kita,
Bhineka Tunggal Ika
Walau berbeda-beda,
tetap satu jua,
Ada ragam budaya,
suku, dan agama
semua hidup rukun,
satu Indonesia

Mata Angin
Nada: Anak Kambing Saya

Mana dimana arah mata angin
Arah mata angin ada d’lapan penjuru

Timur tenggara, selatan barat daya
Barat barat laut, utara timur laut

Mana arah utara,
Mana arah selatan,
Mana dimana
arah barat dan timur (bait terakhir diulang 2x)

Ragam Agama
Nada: Pelangi-Pelangi

Setiap agama punya perbedaan
Beda ibadahnya, beda kitab sucinya,
Tak ada yang sama, hari raya besarnya
Walaupun berbeda semua hidup rukun

Islam ke Mesjid, Kristen ke Gereja
Hindu ke Pura, Budha ke Vihara
Katolik ke Gereja, Kong Hu Cu ke Klenteng
Semua nama-nama tempat ibadah

Islam- Al-Quran, Kristen- itu Injil
Hindu- itu Wedha, Budha- Tripitaka
Katolik- itu Injil, Kong Hu Cu- Wujing, Sishu
Semua nama-nama kitab sucinya

Islam- Idul Fitri, Kristen- Natal Paskah
Hindu- Nyepi Galungan, Budha- Waisak,
Katolik- Natal Paskah, Kong Hu Cu- Cap Go Meh,
Semua nama-nama hari raya besar

________________________________________________________

Matematika

Perkalian Bilangan Bulat
Nada: Potong Bebek Angsa

Positif positif, menjadi positif
Positif negatif, menjadi negatif

Negatif positif, menjadi negatif
Negatif negatif, jadi positif

Semuanya itu, perubahan tanda
dalam perkalian, bilangan bulat

Bangun Datar  dan Bangun Ruang
Nada: Helly

(versi  1)

Aku punya bangun datar
Ada banyak macamnya
Bangun itu dua dimensi
Ada banyak bentuknya

Ini.. persegi
Yang ini.. persegi panjang
Ini.. jajar genjang

Ini.. segitiga
Yang ini.. layang-layang
Ini.. belah ketupat

Ini.. elips
Yang ini.. lingkaran
Semua bangun datar

(versi  2)

Aku punya bangun ruang
Ada banyak macamnya
Bangun itu tiga dimensi
Ada banyak bentuknya

Ini.. kubus
Yang ini.. balok
Ini.. limas segi empat

Ini.. prisma
Yang ini.. kerucut
Ini.. limas segitiga

Ini.. tabung
Yang ini.. bola
Semua bangun ruang

Operasi Campuran
Nada: Becak

Ayo kita belajar,
operasi campuran
Ditambah dan dikurang
Dikali dan dibagi
Perhatikan tandanya,
Lihat tanda kurungnya,
Kali bagi harus ditandai
Kali bagi selalu didahulukan

Perkalian
Nada: Ampar-Ampar Pisang

Perkalian itu, penjumlahan berulang
Angka pertama, itu disebut kelompok
Angka kedua, itu disebut isi

Satu kali tiga,tiganya satu kali
Tiga kali satu, satunya tiga kali
Ingat selalu kelompok kali isi..

Tempat Bilangan
Nada: Satu tambah Satu

Satu itu satuan, ada sepuluh jadi puluhan
Ada seratus  jadi ratusan, ada seribu jadi ribuan

Dari kanan ke kiri, satuan lalu puluhan,
Puluhan lalu ratusan, ratusan lalu ribuan

Pecahan
Nada: Menanam Jagung

Ayo kawan, kita belajar
Membagi angka, jadi pecahan

Atas, pembilang
Bawah, penyebut
Janganlah sampai,
Terbalik-balik

Sama,sama, samakan dulu
Sama penyebut baru ditambah
Sama,sama, samakan dulu
Sama penyebut baru dikurang

Sudut
Nada: Si Kancil

Sembilan puluh derajat
Itu besar sudut siku-siku
Bila kurang, jadi sudut lancip
Bila lebih, jadi sudut tumpul

__________________________________________________

Bahasa Indonesia

Tanda Baca
Nada: Lihat Kebunku

Ayo kita belajar,
tentang tanda baca
Koma sambung kalimat,
Titik mengakhiri
Tanda tanya bertanya,
Tanda seru menyeru
Selalu huruf besar di akhir kalimat

Tanda Petik
Nada: Si Kancil

Jika kamu hendak menulis,
Sebuah kalimat langsungt,
Berilah tanda petik
di awal dan di akhir

Macam-Macam Profesi
Nada: Becak

Ayo kita mengenal, macam-macam profesi
Petani tanam padi, nelayan tangkap ikan
Polisi atur jalan, tentara bela bangsa
Siapa mau menjadi presiden?
Siapa mau jadi pemimpin negeri?

Dokter memberi obat, pilot supir pesawat
Guru senang mengajar, atlet berolahraga
Arsitek bangun gedung, penulis buat buku.
Kalau besar, kau mau jadi apa?
Ayo semua, kejar cita-citamu!

_______________________________________________

IPA

Daur Hidup Air
Nada: Lihat Kebunku

Air laut menguap, lalu jadi awan
Awannya memadat, lalu turun hujan
Air hujan meresap, jadi air tanah
Air tanah keluar , muncul mata air

Mata air mengalir, dari puncak gunung
Mengalir lewat sungai, dari hulu ke hilir
Ada yang ke danau, ada juga ke laut
Semuanya itulah, daur hidup air

Metamorfosis
Nada: Original

Telur, telur..
Ulat, ulat..
Kepompong, kupu-kupu..
Metamorfosis..
Metamorfosis..

Tata Surya
Nada: Menanam Jagung

Matahari, jadi pusatnya
Delapan planet, di sekelilingnya

Berputar-putar, terus berputar
Semua berjalan pada orbitnya

Merkurius, Venus, Bumi, Mars
Jupiter, Saturnus ,Uranus, Neptunus

Asteroid, komet, meteor
Itulah nama benda-benda langit

Peristiwa Gerhana
Nada: Si Kancil

Jika bulan dan matahari
Serta bumi saling berbaris
Pasti akan terjadi
Peristiwa gerhana

Saat sinar bulan tertutup
Oleh besarnya matahari
Malam menjadi gelap
Karna gerhana bulan

Saat matahari terhalang
Oleh bulatnya bulan
Siang menjadi gelap
Karna gerhana matahari

Panca Indra
Nada: Balonku

Panca indra yang lima,
Nikmat Tuhan yang esa,
Mata untuk m elihat,
T’linga untuk mendengar,
Hidung untuk mencium..bau!

Lidah untuk mengecap
Kulit untuk meraba
Marilah kita jaga

Konduktor dan Isolator
Nada: Naik-Naik ke Puncak Gunung

Konduktor itu adalah benda, yang bisa menghantarkan panas
Isolator itu adalah benda, yang tak bisa hantarkan panas

Kaca, logam, besi, dan air, itu contoh benda konduktor
Kayu, kain, karet, dan kertas, contoh benda isolator

Ciri-ciri Binatang dan Tumbuhan
Nada: Helly

(versi  binatang)

Aku punya binatang kucing,
Dia lucu sekali
Ayo kawan coba sebutkan
Bagian tubuh binatang

Ini.. Kaki
Yang ini.. Kepala
Ini.. Kumis kucing

Ini.. Mata
Yang ini.. Telinga
Ini.. ekor kucing

Aku punya binatang gajah,
Dia besar sekali
Ayo kawan coba sebutkan
Bagian tubuh gajah

Ini.. Kaki
Yang ini.. Kepala
Ini.. Badan gajah

Ini.. belalai
Yang ini.. ekor
Ini.. gading gajah

(versi  tumbuhan)

Aku punya pohon kelapa
Dia tinggi sekali
Ayo kawan coba sebutkan
Bagian tubuh tumbuhan

Ini.. akar
Yang ini.. batang
Ini.. daun kelapa

Ini.. tunas
Yang ini.. buah
Ini.. jantung kelapa

Aku punya tanaman mawar
Dia cantik sekali
Ayo kawan coba sebutkan
Bagian tubuh tumbuhan

Ini.. akar
Yang ini.. batang
Ini.. bunga mawar

Ini.. kelopak
Yang ini.. daun
Ini.. duri mawar

Alat Gerak
Nada: Pelangi-Pelangi

Kaki ‘tuk berjalan, sirip ‘tuk berenang
Sayap untuk terbang, perut ‘tuk merayap,
Setiap binatang, punya alat gerak
Berbeda tergantung, tempat hidupnya

Hewan dan Tumbuhan Langka
Nada: Rasa Sayange

Marilah kawan, yuk kita lestarikan
Hewan tumbuhan langka di negara Indonesia

Ada Harimau Sumatera, Jalak Bali, Macan Jawa
Anoa, Burung Maleo, Orang Utan, Terumbu Karang

Bunga bangkai Rafflesia, kayu manis, rotan, mangrove
Anggrek hitam, pohon kesambi, damar, meranti, dan ulin

Marilah kawan, yuk kita lestarikan
Hewan tumbuhan langka di negara Indonesia

Agar mereka tidak punah, dibuatlah konservasi
Di hutan p’lestarian alam, serta hutan suaka alam

Ada taman wisata alam, taman nasional, dan hutan raya,
Ada juga cagar alam, serta suaka margasatwa

Marilah kawan, yuk kita lestarikan
Hewan tumbuhan langka di negara Indonesia

Cara Berkembang Biak
Nada: Ampar-Ampar Pisang

(versi  binatang)

Ovipar bertelur, vivipar melahirkan
Ovovivipar bertelur melahirkan
Itulah caranya, hewan berkembang biak

Ovipar- ikan, burung, vivipar- mamalia
Ovovivipar- buaya, ular, kadal
Itulah caranya, hewan berkembang biak

(versi  tumbuhan)

Vegetatif tidak kawin, dari tubuh induk
Ada yang alami, spora, tunas, dan umbi
Ada yang buatan, cangkok, stek, tempel, merunduk

Generatif dengan biji, lewat penyerbukan
Ada yang sendiri, silang, serta buatan
Itulah caranya, tumbuhan berkembang biak

Lensa
Nada: Potong Bebek Angsa

Rabun jauh itu, disebut miopi
Rabun dekat itu, hipermetropi

Kalau rabun jauh, pakai lensa cekung
Kalau rabun dekat, pakai lensa cembung

Rabun jauh dekat, lensa cekung cembung
Kalau silinder, pakai lensa silindris

___________________________________________________

Bahasa Inggris

Body Identification
Nada: Bungong Jeumpa

Head and shoulder, head and shoulder
Knees and feet, knees and feet
Hand and fingers, hand and fingers
Shake, shake, shake..

(Indo version)

Kepala pundak, kepala pundak, lutut dan kaki..
Kepala pundak, kepala pundak, lutut dan kaki..
Tangan jari, pinggul digoyang,
Tangan jari, pinggul digoyang

Walk, Jump, Run
Nada: Original

Walking, walking, walking
Jump, jump, jump
Running, running, running
Now, lets stop.. now, lets stop

(Indo version)

Jalan, jalan, jalan, jalan
Melompat, melompat
Lari, lari, lari.. lari, lari,lari
Berhenti, berhenti

Up and Down
Nada: Original

Up and down, and shake,shake,shake..
Up and down, and shake,shake,shake..
Shake it to the right, and shake it to the left
Up and down, and shake,shake,shake..

(Indo version)

Atas bawah goyang-goyang
Atas bawah goyang-goyang
Goyang ke kanan, dan goyang ke kiri
Atas bawah goyang-goyang

Old Mc Donald
Nada: Original

Old Mc Donald had a farm.. e-i-e-i-o
And on his farm he has some ducks.. e-i-e-i-o
With a.. kwek, kwek.. here,
a.. kwek, kwek.. there
here a.. kwek, there a.. kwek
everywhere is.. kwek, kwek

Old Mc Donald had a farm.. e-i-e-i-o
And on his farm he has some cows.. e-i-e-i-o
With a.. moo, moo.. here,
a.. moo, moo.. there
here a.. moo, there a.. moo
everywhere is.. moo, moo

(Indo version)

Bapak tani punya kandang, besar, besar, besar..
Di kandang banyak bebeknya, banyak, banyak, banyak..
Disini kwek, kwek.. disana kwek, kwek..
Sini kwek.. sana kwek..
Semuanya kwek, kwek

Bapak tani punya kandang, besar, besar, besar..
Di kandang banyak sapinya, banyak, banyak, banyak..
Disini moo, moo.. disana moo, moo..
Sini moo.. sana moo..
Semuanya moo, moo

If You’re Happy
Nada: Original

If you’re happy and you know it.. (clap your hands)
If you’re happy and you know it.. (clap your hands)

If you’re happy and you know it
Then I’m sure that you can do it
If you’re happy and you know it.. (clap your hands)

(Indo version)

Kalau kau senang hati.. (tepuk tangan)
Kalau kau senang hati.. (tepuk tangan)

Kalau kau senang hati
Mari kita lakukan
Kalau kau senang hati.. (tepuk tangan)

Itsy Bitsy Spider
Nada: Original

The itsy bitsy spider,
climbed up the water spout
Down came the rain,
and washed the spider out
Out came the sun,
and dried up all the rain
So the itsy bitsy spider,
climbed up the spout again

(Indo version)

Laba-laba kecil memanjat di bak mandi
Turun hujan dia tergelincir
Matahari bersinar hujan pun berhenti
Dan laba-laba kecil bisa naik lagi

Good Morning!
Nada: Original

Good (morning) (everyone).. How do you do? I’m fine..!!
Good (morning) (everyone).. How do you do? I’m fine..!!

Good (morning) (everyone).. This is time for us to learn..
Good (morning) (everyone)..  How do you do? I’m fine..!!

(Indo version)

Selamat (pagi) (semua).. Apa kabar? Baiikkk..!
Selamat (pagi) (semua).. Apa kabar? Baiikkk..!

Selamat (pagi) (semua).. Ayo kita belajar..
Selamat (pagi) (semua).. Apa kabar? Baiikkk..!

Let Your Hands So Loudly
Nada: Original

Let your hands so loudly, clap,clap,clap
Let your feet so loudly, tap, tap, tap
Then fold your arms, and shut your eyes
And quite be..

Turn yourself around now, do not fall
Stretch yourself up high, to make you tall
Then fold your arms, and shut your eyes
And quite be..

(Indo version)

Tepuk dua tangan, prok, prok, prok
Hentak dua kaki, dug, dug, dug
Lipatlah tangan, pejamkan mata
dan tidurlah..

Berputar-putar, jangan jatuh
Jinjitkan kakimu, agar tinggi
Lipatlah tangan, pejamkan mata
dan tidurlah

How do you do tee?
Nada: Original

How do you do tee, do tee, do tee
How do you do today?
Do you still live where you used to live?
Or have you moved away
I’m glad that you are so happy
I only want to say
How do u do tee, do tee, do tee
How do u do today?

The Wheel on The Bus
Nada: Original

The wheel on the bus goes round and round,
round and round, round and round
The wheel on the bus goes round and round, all day long..

The wrapper on the bus goes switch, switch, switch
switch, switch, switch.. switch, switch, switch
The wrapper on the bus goes switch, switch, switch, all day long..

The lamp on the bus goes bling bling bling
Bling, bling, bling.. bling, bling, bling
The lamp on the bus goes bling bling bling, all day long..

The mommy on the bus, say I love you
I love you, I love you
The mommy on the bus, say I love you, all day long..

(Indo version)

Roda bis berputar terus, berputar terus, berputar terus (2x)
Sepanjang hari..

Penumpang naik turun, naik turun, naik turun (2x)
Sepanjang hari..

Penyeka kanan kiri, kanan kiri, kanan kiri (2x)
Sepanjang hari..

Finger’s Family
Nada: Rhyme

This is the father, short and stout
This is the mother, with children all about
This is the brother, tall as you see
This is the sister with dolly on her knee
This is the baby, sure to grow
And this is a family all in a row

Teddy Bear
Nada: Original

Teddy bear, teddy bear.. turn around
Teddy bear, teddy bear.. touch the ground

Teddy bear, teddy bear.. walk down the street
Teddy bear, teddy bear.. tickle your feet

Teddy bear, teddy bear.. give a little hop
Teddy bear, teddy bear.. reach the top

Teddy bear, teddy bear.. where’s your hair?
Teddy bear, teddy bear.. climb the stairs

Teddy bear, teddy bear.. turn out the light
Teddy bear, teddy bear.. say night, night

Row Row Your Boat
Nada: Original

Row, row, row, your boat
Gently down the stream
Merrily, merrily, merrily, merrily
Life is but a dream

Rock, rock, rock, your boat
Up and down the stream
If you see a crocodile
Dont forget to scream

Two Clean Hands
Nada: Rhyme

Two clean hands, and two fat thumbs
Eight little fingers, ten little toes
One round head, goes nod, nod, nodding
Two eyes peeping, one tiny nose

Great Big Ball
Nada: Rhyme

A great big ball.. A middle sized ball..
A little ball I see.. Let’s see if we count them..
One, two, three..

The Elephant
Nada: Original

The elephant goes, like this and that
He’s terribly big and he’s terribly fat
He has no fingers, he has no toes
But godness gracious, what a nose

Baa Baa Black Sheep
Nada: Original

Baa baa black sheep
Have you any wool?
Yes sir, yes sir, three bags full

One for the master,
One for the dame
And one for the little boy
who lives down the lane

Baa baa black sheep
Have you any wool?
Yes sir, yes sir, three bags full

Thank you, said the master
Thank you, said the dame
And thank you, said the little boy
who lives down the lane

Do-Re-Mi
Nada: Original

Doe, a deer, a female deer
Ray, a drop of golden sun
Me, a name I call myself
Far, a long long way to run
Sew, a needle pulling thread
La, a note to follow sew
Tea, I drink with jam and bread
That will bring us back to do…oh oh oh

ABC Song
Nada: Original

A-B-C-D-E-F-G H-I-J-K-L-M-N
O-P-Q-R-S-T-U V-W and X-Y-Z
Happy, happy, I’m happy.
I can sing my ABC.

A-B-C-D-E-F-G H-I-J-K-L-M-N
O-P-Q-R-S-T-U V-W and X-Y-Z
Now I know my ABC.
Won’t you come and sing with me?


_________________________________________________

Agama Islam

25 Nabi
Nada: Balonku

Adam, Idris, Nuh, dan Hud
Soleh, Ibrahim, dan Luth
Ismail, Ishaq, Yaqub
Yusuf, Ayyub, Syua’ib

Musa, Harun, Dzulkifli..Daud!
Sulaiman, Ilyas, Ilyasa
Yunus, Zakaria, Yahya
Isa, akhirnya Muhammad

Siapakah Tuhanmu
Nada: Original

Siapakah Tuhanmu?
Apa agamamu?
Siapakah nabimu?
Apa kitabmu?

Tuhanku adalah Allah
Islam agamaku
Nabiku Nabi Muhammad
Al-Quran kitabku

Rukun Iman
Nada: Rasa Sayange

Iman adalah, percaya dalam hati,
Diucap dengan lisan, diamalkan perbuatan

Rukun iman ada enam
Yang pertama pada Allah
Yang kedua malaikat
Yang ketiga kitab-kitab

Keempat rasul dan nabi
Kelima hari kiamat
Keenam qada dan qadar
Takdir untuk kita semua

Rukun Islam
Nada: Balonku

Rukun Islam yang lima,
Syahadat, shalat, puasa
Zakat untuk yang miskin
Haji bagi yang mampu

Siapa belum shalat.. tak puasa!
Siapa belum zakat
Nantinya di akhirat
akan mendapat siksa

Shalat 5 Waktu
Nada: Lihat Kebunku

Azan t’lah berkumandang,
Waktu shalat pun tiba
Sebelum terbit surya
Shubuh 2 rakaat

Saat hari t’lah siang
Dzhuhur 4 rakaat
Di waktu sore hari
Ashar  4 rakaat

Kala surya tenggelam
Magrib 3 rakaat
Ketika mulai malam
Isya 4 rakaat

Janganlah ditinggalkan
Shalat yang lima waktu
Agar disayang Tuhan
Jadi hamba beriman

Berwudhu
Nada: Laba-Laba Kecil (Itsy Bitsy Spider)

Cuci dua tangan, lalu kumur-kumur
Bersihkan hidung, basuhlah mukamu
Usap kedua tangan, sampai ke siku
Bersihkan kepala, telinga, lalu kaki

Sifat Wajib dan Mustahil Rasul
Nada: Dua mata saya

(Sifat wajib)

Shidiq itu jujur, Tabligh menyampaikan
Fathanah itu cerdas, Amanah dipercaya

Semua itulah, sifat wajib rasul
Mari kita contoh, dan kita amalkan

(Sifat mustahil)

Kidzib itu dusta, Kitman menyembunyikan
Baladah itu bodoh, Khianat mengingkari

Semua itulah, sifat mustahil rasul
Jangan kita contoh, apalagi dilakukan

Sifat Wajib dan Mustahil bagi Allah
Nada: Original

(Sifat wajib)

Dua puluh sifat wajib, bagi Allah Tuhan yang Esa
Dua puluh sifat yang membedakan Dia, dengan makhlukNya

Wujud, Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lil hawaditsi
Qiyamu binafsihi, Wahdaniyah, Qudrat, Iradat

Ilmu, Hayat, Sama’, Bashar, Kalam, Qadiran, Muridan
‘Aliman, Hayyan, Sami’an, Bashiran, Mutakaliman

(Sifat mustahil)

Dua puluh sifat mustahil, bagi Allah Tuhan yang Esa
Dua puluh sifat yang membedakan Dia, dengan makhlukNya

‘Adam, Huduts, Fana, Mummatslatu lil Hawaditsi
Ihtiaju lil ghairihi, Ta’adud, Ajzun, Karahah

Jahlun, Mautun, Samamun, ‘Umyun, Bukmun, ‘Ajizan, Mukrahah
Jahilan, Mayyitan, Ashamma, A’ma, juga Abkama

Nabi Muhammad
Nada: Original

Tahukah kau nabi kita semua,
Nabi Muhammad, nabi tersayang
Teladan kita sepanjang zaman,
Tak akan pernah kulupa

Reff:     Dia kasihi semua umatnya
Dia berkorban untuk kita semua
Ayo ucapkan shalawat kepadanya
Allahuma shalli ‘ala Muhammad..

Lahir 12 Rabiul Awal
Pada tahun gajah, di Kota Mekkah
Karena  dia tak pernah berdusta
Gelar Al Amin disandangnya

(Back to Reff)

Kakeknya bernama Abdul Muthalib
Ayah Abdullah, Ibu Aminah
Pamannya bernama Abu Thalib
Semua sayang padanya

(Back to Reff)

Menikah dengan Siti Khadijah
Istri pertama paling setia
Ada juga yang paling jelita
Siti Aisyah namanya

(Back to Reff)

Mendapat wahyu di Gua Hira
Surat Al Alaq, satu sampai lima
Saat usianya empat puluh,
beliau menjadi rasul

(Back to Reff)

Bulan Hijriyah
Nada: Cik Cik Periook

Muharram, Shafar,
Rabi’ul Awal, Rabi’ul Akhir

Jumadil Awal, Jumadil Akhir,
Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal

Zulkaidah, Zulhijjah,
nama-nama Bulan Hijriyah (nada bait terakhir diulang)

Huruf Hijaiyah
Nada: Original

Ayo kawan semua, kita belajar membaca
Huruf hijaiyah, ‘tuk lancar baca Quran-nya

Al Quran bacaannya, besar pahalanya
Banyak manfaatnya, agar kita bisa ke surga

A ba ta tsa ja ha kha, da dza ra za sa sya sha,
Dha tha zha ‘a gha fa qa, ka la ma na qa ha a ya (bait terakhir diulang 2x)

Mu’jizat Nabi dan Rasul
Nada: Original

Mu’jizat para nabi, mu’jizat para rasul
Itu semua bukti, kebesaran Ilahi

Nabi Sulaiman (2x).. bisa bahasa binatang..
Nabi Isa (2x).. menghidupkan orang mati..
Nabi Musa (2x).. bisa membelah lautan..
Nabi Ibrahim (2x).. tak hangus dibakar api

Kalau Nabi Muhammad, nabi akhir zaman
Nabi kita semua, mu’jizatnya Al Quran


________________________________________________________

Lagu Pembuka/ Penutup/ Penyemangat

Selamat Pagi/ Siang/ Sore
Nada: Original

Selamat (pagi) semua.. salam, salam
Selamat (pagi) semua.. salam, salam

Sapalah kanan kirimu.. salam, salam
Selamat (pagi) semua.. salam, salam

Kelinci dan Pelanduk
Nada: Original

Di hutan ada rumah, didiami pelanduk
datang seekor kelinci, mengetuk pintu, TOK..TOK..TOK..!

Pelanduk, pelanduk tolonglah
Aku mau ditembak, DORR.. !

Kelinci, kelinci, masuklah
Silahkan duduk rapi

Jari Tangan
Nada: Original

Ini namanya jari jempol  (2x)
Apa kata jari jempol
Kalau kita belajar jangan ngobrol

Ini namanya jari t’lunjuk  (2x)
Apa kata jari t’lunjuk
Kalau kita belajar jangan ngantuk

Ini namanya jari tengah (2x)
Apa kata jari tengah
Kalau kita belajar jangan lengah

Ini namanya jari manis (2x)
Apa kata jari manis
Kalau kita belajar jangan nangis

Ini namanya jari k’lingking (2x)
Apa kata jari k’lingking
Kalau kita belajar jangan berkeliling

Perkenalan
Nada: Original

Aku namanya Budi, punya banyak teman di sekolah
Ada yang namanya Didi
Ada yang namanya Tuti
Ada yang namanya Rina..na.. na..

Good Morning
Nada: Original

Good morning to you
Good morning to you
Good morning everybody
Good morning to you

Hello, Hello, Hello
Nada: Original

Hello, hello, hello
Hello, how do you do?
I’m glad to be with you
And you, and you, and you..

Lalala..lalala..lalalala..

Senam Pagi
Nada: Original

Tangan kanan, tangan kiri, mempunyai jari
Direntangkan, dibengkokkan, putar pergelangan
Ayun ke depan, dilentingkan, mari tepuk tangan

Tepuk tangan, prok,prok, prok
Angkat kaki, dug, dug, dug

Di atas tangan kita, di pinggang keduanya
Badan kita bungkukkan, yang rajin wahai kawan
Balik badan serentak, balik badan serentak

Berdoa
Nada: Original

Jika aku berdoa, kuangkat tanganku
Dengan suara lembut, tidak berteriak

Berdoa sungguh-sungguh, agar dikabulkan
Segala permohonan, hamba yang beriman

Duduk Manis
Nada: Original

(Versi 1)

Tangan ke atas, tangan ke samping
Tangan ke depan, duduklah yang manis

Ambil bukumu, ambillah pensilmu
Bacalah doa, dan mulai belajar

(Versi 2)

Angkatlah tangan kananmu, kanan, kanan
Angkatlah tangan kirimu, kiri, kiri,
Lipatlah tangan kananmu,
Disusul tangan kirimu,
dan duduklah tenang