-->

Senin, 25 September 2017

Tantangan Level 8 hari ke 12

Bersyukur

Punya uang dari hasil tabungan sendiri anak-anak tidak dibiasakan seenaknya mengambil di bank tanpa sepengetahuan ibu, meskipun hal itu adalah hak anak, kita sebagai orang yua hanya mengarahkan yang terbaik kecuali mereka audah berusia 17 tahun ke atas bebas mereka mau mengelola sendiri.

Setiap bercerita dan melihat sekitar masih banyak yang tidak mampu, ibu dan ayah selalu berujar pada anak-anak untuk selalu bersyukur dan tak lupa memberikan sebagian rizky, bahkan sama kurir apapun yang datang ke rumah.

Setiap ada orang yang datang memberi bantuan service, pasti ayah kasih additional tip. Pernah ibu dibilangin pelit sama ayah gara-gara gak kasih tip๐Ÿ˜Š


Minggu, 24 September 2017

Tantangan Level 8 hari ke 11

Menghitung Uang

Tadi siang ibu gak terlalu perhatikan kalau anak-anak yang besar sedang main menghitung uang, ibu di kamar sebelah penasaran masih dengerin aja apa yang mereka lakukan? Judikah?๐Ÿ˜Š

Karena Zidan sudah tau permainan yang menggunakan uang kalau kalah berarti judi haram.

Saking penasarannya ibu mengendap melihat mereka bermain, ternyata masing-masing anak mengeluarkan beberapa keping uang logam dari toples ibu dan mereka hitung dengan menggunakan kalkulator. Sayang gak sempet ibu poto.

Akhirnya ibu tanya, permainan apa itu A Zidan? Dia bilang hanya menghitung aja bu seru-seruan ama Gibran.

Ihsan lihat aja kakaknya main hitung-hitungan sambil nimpalin berapa jumlahnya.

Masya Allah anak-anak hebat kebanggaan ayah ibu๐Ÿ˜˜

Sabtu, 23 September 2017

Tantangan Level 8 Hari ke 10

Zidan tadi mau beli baso masih pikir-pikir apakah jadi jajan atau tidak, 

Ibu tanya ingin atau butuh๐Ÿ˜€๐Ÿ˜Š?

Kalo emang lapar ya beli aja, pake nasi ya supaya kenyang tadi ditawarin makan pakai ayam tidak mau.

Anaknya masih pikir-pikir juga, jadi uang Zidan berkurang dong, lama banget pikir-pikir mengeluarkan uangnya.

Ibu tanya, emang mau beli berapa basonya, 3rb aja lah kata Zidan.

Totalin ya di pembukuan kata ibu! ๐Ÿ˜Ž




Jumat, 22 September 2017

Tantangan Level 8 Hari 9

Korupsi

Hari ini ibu bercerita lagi tentang korupsi memastikan bahwa anak-anak masih hapal itu korupsi dan bercerita tentang karakter korupsi, dan anak-anak masih menempel cerita-ceritanya.

Dan ibu berpesan sama anak-anak sampai gede pun di mana anak-anak berada harus berbuat adil dan tidak korupsi.


Kamis, 21 September 2017

Tantangan Level 8 hari ke 8

Ketika berada di tempat umum dan tempat perbelanjaan anak-anak balita perlu sounding sampai 5000x supaya mereka mengerti ๐Ÿ˜„ antara keinginan dan kebutuhan.

Mereka berandai-andai dan sedikit memaksa untuk mengambil tabungannya di bank demi lego yang mereka inginkan.

Akhirnya ibu butuh effort buat meyakinkan mereka lagi kalau lego itu bukan kebutuhan.

Lain halnya Zidan meskipun banyak Lego tehnik yang dia idamkan, Zidan hanya bilang mau ngumpulin uang dulu๐Ÿ˜˜

Rabu, 20 September 2017

Tantangan Level 8 hari ke 7

Korupsi

Anak-anak sudah tau kata Korupsi ini dari cerita dalam audio buku KPK jadi ketika ibu jelaskan mengenai kata ini sudah tidak asing lagi termasuk dalam pemakaian katanya.

Dan anak-anak gak suka kalau di rumah atau di lingkungan sekitar m3lihat hal-hal berlebih yang bukan haknya.

Selasa, 19 September 2017

Tangtangan Level 8 hari ke 6

Hari ini Zidan memulai kembali mengisi buku keuangannya karena hari ini Zidan melakukan kegiatan membelanjakan uang sakunya.

Anak mulai bertanggung jawab terhadap keuangannya, pulang sekolah sesampainya di rumah langsung melakukan pencatatan akuntansi.

Awalnya sempat ragu buat beli batagor apakah boleh beli dengan uang 2000, minta ibu mengantar buat menanyakan, ibu suruh belajar berani beli sendiri dan nanya harga sendiri, kalo mau merasakan batagor๐Ÿ˜˜

Akhirnya diberanikan juga setelah muter-muter karena malu datang dan nanya sama si abang batagornya. ๐Ÿ˜„


#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial