-->

Kamis, 23 Maret 2017

Trip to Kebun Raya Bogor


Seperti yang diceritakan kemarin, karena ayah ada dinas dadakan ke Bogor kita ngikut semua, awalnya ayah gak setuju takutnya anak-anak rewel hehehe tapi akhirnya disetujui juga permintaan anak-anak dengan banyak persyaratan, akhirnya kita bikin rules
1. Anak-anak tidak rewel
2. Ketua 1 ( anak no 1) harus bertanggung jawab terhadap pasukannya ketua 2 (anak no 2) dan anggota ( anak no 3)
3. Ketua 2 ( anak no 2) bertanggungjawab terhadap
pasukannya ( anak no 3)

Tanggungjawab tersebut meliputi keamanan pasukannya dalam perjalanan selama field trip ke Kebun Raya Bogor .
Jalan bergandengan tangan dan tidak jauh-jauh dari ibu, karena selama trip ayah tidak ikut karena kerja hehe.

Dari sebelum tidur ibu sudah sounding buat subuh harus segera bangun dan mandi karena perjalanan  akan dimulai selepas subuh, anak-anak mempersiapkan baju mereka masing-masing dan perbekalan yang akan dibawa, jadi tidak ada kata rewel mengenai baju ato yang lainnya.

Kenyataannya pas mau berangkat ketua 2 masih ngantuk dan gak mau mandi sempat bersitegang apakah perjalanan mau diteruskan atau dibatalkan.

Masya Allah, setelah semua beres dan bersiap-siap baru dia mau mandi, setelah semua siap, perjalanan dimulai dari rumah pukul 5.30 ibu gak sempat masak cuman menyediakan snack yang ada di rumah semua diangkut buat perjalanan, sampai tujuan ķe tempat rapat ayah jam 7.20an kita cari sarapan dan jam 8.00 ayah kerja kita ngasi dulu di hotel.

Jam 8.30 perjalanan  ke kebun Raya Bogor dimulai, karena di Bogor sedang ada demo angkutan OL VS Angkot kita cari aman dengan naik angkot.

Perjalanan tidak memerlukan waktu yang lama sekitar 10 menit naik angkot dari hotel, anak-anak senang sekali kalo sudah jalan-jalan, ibunya juga sama recharge pikiran.



Anak-anak banyak sekali menghabiskan jalan sampai mungkin ada berkilo-kilo meter, Alhamdulillah ihsan tidak merasa kecapean tiap merasa letih berhenti buat istirahat dan makan

Beres di museum Zoologi Ihsan tepar, waktu duduk buat makan siang, lumayan kita istirahat ada sekitar 30 menitan sampai menunggu ihsan kenyang tidur.

Gak mau berlama-lama di Kebun Raya Bogor dan anak-anak masih penasaran sama bunga bangkai, kita lihat lagi rute yang telah dipotong dan mencocokkan rute yang ada di jalan. Perjalanan  sekitar 700 meter dari museum, saya memastikan pada anak-anak apakah masih sanggup buat jalan ato menyerah pulang ke hotel, ternyata anak-anak semangat buat jalan lagi, karena ihsan masih tidur terpaksa ibu gendong.

Baru berjalan beberapa meter, Ihsan terbangun akhirnya ibu suruh jalan sendiri, selama perjalanan ihsan ngeluh cape jadi ibu gendong sebentar-sebentar.

Sesampainya ditempat yang dituju ternyata tidak ada pohon Raflesia anak-anak kecewa, akhirnya kita tanya petugas mereka menjelaskan bahwa Raflesia numbuh sekitar 4 tahun sekali.

Rute terakhir melihat bunga bangkai, perjalanan berikutnya kita harus kembali lagi ke pintu utama dan perjalanan  bisa ditempuh kira-kira 1km ibu tanya anak-anak masih sanggup tidak mereka kecapean, ibu telp ayah yang lagi istirahat minta dijemput di gerbang utama, kita keluar naik ojek ber empat.

Alhamdulillah perjalanan  happy anak-anak tidak ada yang rewel, di mobil mereka bercerita terus pada ayahnya.

Zidan dan Gibran membaca semua petunjuk yang ada di kebun raya bogor mereka tertarik sekali mengenai sejarah, sampai-sampai googling waktu di museum Zoologi.

Sampai besok lagi ya pantengin proyek keluarga kita berikutnya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar