-->

Rabu, 22 Februari 2017

Tantangan Melatih Kemandirian Anak #1


Kemarin kita berdiskusi mengenai tantangan yang ibu usulkan kepada anak-anak yang akan mereka kerjakan selama 10 hari ke depan dari mulai bangun tidur sampai pukul 18.00 WIB, tujuannya supaya menjadi kebiasaan dan pola yang terbenuk dengan sendirinya tanpa disuruhpun.

Awalnya banyak yang nawar pengen yang gampang tantangannya, api akhirnya mereka sepaka setelah ibu jelaskam tujuannya.


Tantangan Zidan (6th 2 bln)
1. Tidak jahil pada adik-adiknya
2. Setelah makan cuci piring




Tantangan Gibran (4th 5 bln)
Tidak menangis bila merasa kesulitan


Tantangan Ihsan (2th 9bln)
Habis makan, piring simpan di sinx.

Sebenernya tantangan Zidan baginya kecil karena sudah dilatih sudah lama, cuman ibu mau membiasakan menjelang 7th, hal terbera baginya adalah jahil sama adik-adiknya buat isengin apasaja sampai mereka nangis, demi tantangan Zidan bersabar menunggu sampai jam 18.00.

Menjelang tidur keisengan dimulai, setelah ditanya ternyata menjawab pada perkataan saya jam 18.00, lebih dari itu tidak berlaku, Masya Allah cerdas juga anak ibu......


Akhirnya ibu ambil sikap dan merala peraturan dari mulai bangun tidur sampai mau tidur kembali.


Tantangan yang terberat adalah Gibran, dia harus bisa menahan emosinya dari nangis dalam hantaman apapun, baik sengaja ao idak sengaja baik dari diri sendiri aaupun dari keisengan kakaknya. Dia berhasil melewati semuanya.


Tantangan Ihsan sangat mudah menyimpan bekas makan dan minumnya ke dalam sinx, hal itu sudah menjadi kebiasaannya cuman kadang sampai hanya di meja makan saja.


Alhamdulillah hari perama anak-anak bisa melalui tantangan dengan mulus, berharap besok hari ke dua bisa melaksanakannya dengan baik juga.


  







   














Tidak ada komentar:

Posting Komentar