-->

Minggu, 27 Mei 2012

Empat Alasan Mengapa Ibu Pekerja Tetap Diberikan ASI

Sumber: di sini

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Agustina N.R
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Air Susu Ibu (ASI) menjadi makanan terbaik bagi bayi, karena itu jangan abaikan hal ini. Pun kepada mereka ibu pekerja, tetap berikan ASI ya.
Dokter spesialis anak, dr. Ariani Dewi Widodo, SpA mengatakan minimal ada empat alasan mengapa seorang  ibu yang bekerja tapi masih memberikan ASi untuk si kecil.

Pertama, memberikan bayi manfaat fisik dari menyusui ASI, yaitu lebih sedikit penyakit dan mengurangi resiko alergi.

Kedua, Mengurangi rasa bersalah mama karena meninggalkan bayinya sepanjang hari, mereka tahu bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang penting bagi bayinya sementara mereka berada jauh dari sang bayi.

Ketiga, mengalami kontak yang dekat. Saat mempersiapkan ASI atau menyusui, mama mempunyai kesempatan untuk mengalami kontak yang dekat dengan bayinya.

Terakhir, manfaat emosional. Para ibu yang memutuskan untuk tetap menyusui sekalipun telah kembali bekerja dapat menikmati manfaat emosional dari menyusui dalam waktu yang lebih lama.  agustina
Selain itu, ASI penting memiliki imunoglubin yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi, juga dapat meningkatkan IQ atawa tingkat kecerdasan anak kelak. Sebaiknya berikan bayi ASI eksklusif selama 6 bulan, jika Anda mampu memberikan hingga 24 bulan, itu jauh lebih baik.
Anda dapat memberikan anak makanan pendamping ASI (MPASI) setelah enam bulan. Pertama kenalkan MPASI yang berupa sayur atau buah satu persatu. Jangan campurkan banyak bahan dalam satu wadah. Makanan yang fresh atau dimasak lebih baik dari pada makanan instan. Karena makan bukan masalah berat badan, tetapi melatih gigi dan mulut, serta belajar mengunyah.